Posted by: Sps | June 25, 2011

Telur Puyuh Si Mungil yang Sakti

Beruntunglah kita penduduk Indonesia. Telur puyuh bisa didapatkan dengan mudah dengan harga relatif murah. Di kawasan Eropa Barat dan Amerika Utara, telur puyuh dianggap sebagai makanan mewah. Padahal, telur mungil itu memiliki manfaat segudang banyaknya.

Dengan berat antara 10 hingga 12 gram, satu butir telur puyuh berisi banyak unsur yang dibutuhkan agar tubuh menjadi sehat. Nilai gizi telur puyuh tiga hingga empat kali lebih tinggi dibanding telur ayam, yang memiliki berat 50 hingga 70 gram per butir.


Telur puyuh mengandung 13 persen protein, telur ayam hanya 11 persen. Selain itu, telur puyuh mengandung 140 mu-g vitamin B1, bandingkan dengan 50 mu-g yang ada di telur ayam. Kandungan vitamin A dan B2 telur puyuh dua kali telur ayam.

Telur puyuh memiliki zat besi dan potasium lima kali lebih banyak daripada telur ayam. Karena kandungan tersebut, telur puyuh masuk dalam kategori dietary food.

Bagusnya, telur puyuh tidak memiliki kolesterol jahat (LDL) dan sangat kaya dengan kolesterol baik (HDL). Tak seperti telur ayam, telur puyuh tidak menyebabkan alergi. Malah, telur puyuh bisa membantu mengatasi gejala alergi. Mereka memiliki yang namanya protein ovomucoid, yang dipakai untuk produksi obat antialergi.

Telur puyuh dapat dimakan mentah. Tentunya setelah telur tersebut dicuci dalam air panas. Tidak perlu khawatir tentang adanya Salmonella (penyebab salmonellosis). Karena suhu tubuh burung puyuh lebih tinggi daripada ayam, Salmonella tidak dapat hidup.

Merupakan kebiasaan bagus untuk mengonsumsi 3-5 butir telur puyuh setiap pagi. Gunanya untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki proses metabolisme. Setelah 3-4 bulan secara rutin makan telur puyuh, tubuh akan terasa selalu berenergi.

Telur Puyuh dan Asam Urat

Dalam artike dari situs Gout Pain, disebutkan bahwa penderita asam urat sama sekali tidak dilarang makan telur, termasuk telur puyuh. Sebab, telur mengandung unsur purin yang rendah.

Meski demikian, jumlah konsumsinya harus dibatasi. Untuk telur ayam, hanya 3 hingga 4 butir per pekan, disesuaikan pula untuk konsumsi telur puyuh.

Yang berbahaya untuk penderita asam urat adalah burung puyuh itu sendiri. Menurut artikel tersebut, daging burung puyuh termasuk dalam makanan terlarang.

Keuntungan Telur Puyuh

• Obat untuk mengobati kelainan pencernaan, seperti perut kembung dan stomach ulcer.

• Dapat menyembuhkan anemia, meningkatkan kadar hemoglobin, dan menyingkirkan toksin dari darah.

• Membantu perawatan TB, asma, diabetes, dan dystonia (gerakan otot yang tidak terkendali).

• Memiliki efek antikanker yang kuat dan bisa jadi mencegah pertumbuhan kanker.

• Membantu menghancurkan batu dari hati, ginjal, dan empedu.

• Mempercepat proses penyembuhan setelah terkena stroke dan memperkuat otot jantung.

• Termasuk obat perangsang yang kuat untuk para pria. Telur puyuh menutrisi kelenjar prostat dengan fosfor, protein, dan vitamin, sehingga membantu mengembalikan potensi seks kaum pria.

• Memperkuat daya ingat, meningkatkan aktivitas otak, dan mengatur sistem saraf.

• Memperkuat sistem kekebalan, memperlambat proses penuaan organ-organ tubuh.

• Mempercantik kulit dan rambut. Membuat rambut tampak bersinar dan tebal. Tak salah bila telur puyuh juga dipakai sebagai masker untuk wajah dan rambut.

• Anak-anak yang mengonsumsi dua butir sehari, akan mengalami pertumbuhan yang lebih baik dan kecil risikonya untuk terkena penyakit menular.

Sumber: Senior


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: