Posted by: Sps | October 9, 2010

Memilih Gendongan Bayi

Ada tiga tipe gendongan bayi yang penggunaannya dapat disesuaikan dengan umur bayi dan keperluannya.

1. Gendongan selendang (sling). Melingkar di bahu (satu sisi) dan memungkinkan membawa bayi dalam berbagai posisi. Gendongan ini dapat digunakan dari saat bayi baru lahir sampai di atas dua tahun.

2. Gendongan di depan (front pack). Bayi akan berada di posisi depan dengan menghadap ke depan atau ke belakang (kanguru) dengan gendongan yang melingkar seimbang pada bahu si penggendong. Meskipun dapat dipakai untuk bayi yang baru lahir tapi tidak disarankan digunakan, sampai otot leher bayi cukup kuat menopang kepalanya sendiri. Gendongan jenis ini biasanya dapat digunakan sampai bayi berusia 1 sampai 2 tahun.

3. Gendongan di belakang (back pack). Gendongan ini akan memposisikan bayi berada di punggung si penggendong dan dapat digunakan sampai bayi berusia tiga sampai empat tahun.

Selain pilihan jenis gendongan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan usia bayi, Anda juga harus memperhatikan peranti keamanan dan kenyamanan dalam gendongan. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan secara khusus:

1. Kait pengaman. Beberapa tipe gendongan memiliki cara kait berbeda-beda, yang penting kuat dan aman.

2. Penutup panas dan hujan. Dalam situasi khusus beberapa gendongan juga dilengkapi dengan penutup agar bayi tidak kepanasan dan kehujanan.

3. Penopang punggung. Gendongan yang baik dapat menopang punggung bayi dengan baik dan dapat menjaga bayi tidak terguling dan bayi tetap pada posisi yang paling nyaman.

4. Fleksibel dan dapat diatur. Untuk kepentingan bayi dan ibu secara bersama, gendongan perlu keleluasaan agar bayi dapat diatur posisinya semisal menghadap ke belakang, ke depan dan memungkinkan ibu tetap menyusui bayinya dengan posisi ibu yang paling nyaman dan tidak mempengaruhi posisi ibu saat duduk atau berdiri.

5. Bahan. Biasanya bahan gendongan terbuat dari katun dan sangat mudah menyerap air. Pilihlah yang berbahan lembut dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit bayi.

6. Pilih sesuai keperluan. Ibu dapat memilih gendongan sesuai keperluan. Gendongan sling sangat cocok untuk bayi menyusui sementara gendongan depan cocok untuk keperluan jalan-jalan santai dan gendongan belakang lebih nyaman untuk keperluan outing dan berwisata dan perjalanan luar ruang.
(H2C/dila)

Sumber: SuaraMerdeka


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: