Posted by: Sps | August 18, 2010

Mengecat Rumah Bak Profesional, Ini Tipsnya!

Bosan dengan warna kamar yang itu-itu saja? Atau sudah berencana mengubah warna cat karena mulai kusam? Ini tipsnya!

Pertama-tama siapkan seluruh alat yang diperlukan seperti cat, kuas, rol, ember, dempul, plamir, plester, vacuum cleaner, plastik/ koran bekas.

Keluarkan barang-barang di kamar Anda sebanyak mungkin, sisanya pindahkan ke tengah ruangan. Vacum lah seluruh tembok dan plafon hingga semua sudut sempit yang ada. Jangan lupa untuk menutupi furniture dengan plastik atau koran bekas.

Lihatlah keseluruh permukaan tembok. Tutuplah semua lubang bekas paku dan keretakan-keretakan yang ada pada tembok dengan menggunakan dempul, ratakan dengan plamir. Hal ini harus dilakukan karena cat tidak bisa menutupi keretakan sekecil apapun.

Untuk memasuki tahap pengecatan, bukalah satu galon cat, kemudian masukkan cat ke dalam ember dan campurkan dengan air dengan perbandingan sesuai yang dianjurkan produsen cat tesebut. Pastikan cat dan air sudah tercampur dengan sempurna. Untuk mengecat 1 kamar berukuran standar, 1 galon cat sudah lebih cukup.

Jika ruangan Anda memiliki baseboard (alas tembok), maka dahulukan bagian ini supaya nantinya sudah kering ketika ingin ditutupi dengan plester sebelum mengecat temboknya.

Cat plafon dengan menggunakan roll. Anda tidak perlu membasahi roll dengan air sebelumnya. Hal itu hanya menyebabkan cat menetes dan membuang waktu.

Kini saatnya mengecat bagian tembok. Dalam pengecatan, lakukan dalam beberapa lapis. Tunggulah sampai cat mulai mengering, baru beri lapisan cat berikutnya. Cabut plester pada baseboards ketika cat sudah mengering seluruhnya.

Terakhir, susunlah barang-barang Anda kembali sesuai yang Anda inginkan. Selamat mencoba!

(kee/kee)

Sumber: detikcom


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: