Posted by: Sps | April 26, 2010

Hair Styles, Tak Sekadar Cukur-Mencukur Rambut

Hair Styles, itulah sebutan yang biasa melekat pada profesi seorang penata rambut profesional. Tapi tunggu dulu, apakah Anda mengira bahwa profesi hair styles ini hanyalah sebutan keren untuk profesi tukang cukur rambut?

Pada dasarnya, profesi hair styles memang sama seperti seorang tukang cukur rambut pada umumnya, yaitu mencukur rambut seseorang agar bisa terlihat lebih gaya dan keren. Namun jika ditelusuri lebih jauh, ternyata profesi hair styles sedikit berbeda dibanding tukang cukur rambut pada umumnya. Karena selain mencukur rambut, seorang hair styles pastinya telah menguasai trik untuk menata ataupun membentuk rambut agar terlihat lebih indah dan menarik saat dipandang.

Profesi ini juga sebenarnya tidak semudah yang Anda pikirkan. Karena, tanggung jawab dari seorang hair styles terbilang cukup besar. Sebagai contoh, seorang hair styles harus bertanggung jawab lantaran rambut dari pengantin yang ditatanya berantakan hanya gara-gara tertiup angin. Yang parahnya lagi, rambut pengantin tersebut rusak akibat diberi obat pengeras rambut yang terlalu berlebihan.

Nah, jika memerhatikan kejadian tersebut mungkin Anda baru sadar dan mengerti, bahwa tanggung jawab dari seorang hair styles cukup berat ketimbang tukang cukur pada umumnya. Karena, selain mencukur dan juga menata rambut, seorang hair styles harus paham betul dengan jenis rambut dari konsumennya. Dengan begitu, sang hair styles akan berhati-hati untuk memberi obat pengeras rambut agar tidak berlebihan, yang bisa mengakibatkan rusaknya rambut dari konsumennya tersebut.

Untuk bisa menjadi seorang hair styles yang profesional dan terkenal, seperti Rudy Hadisuwarno, Anda bisa langsung mengikuti berbagai pelatihan yang sudah banyak tersedia di kota-kota besar. Dari situ, Anda akan diajarkan berbagai metode untuk menata rambut yang baik dan benar. Mulai dari jenis-jenis rambut, alat-alat potong rambut, mengeramasi, memotong, creambath, mewarnai, menata, dan berbagai trik lain yang bertujuan untuk menata rambut agar terlihat lebih indah dan menarik.

Yang paling penting adalah model potongan rambut. Seorang hair styles harus mengetahui berbagai macam model potongan rambut yang ada. Sehingga, seorang hair styles akan langsung bisa menentukan model potongan rambut mana yang kira-kira cocok dengan bentuk wajah maupun bentuk kepala dari konsumennya.

Dan satu lagi yang tidak boleh ketinggalan, seorang hair styles juga harus memahami dan mengetahui tentang berbagai model potongan rambut dan gaya yang sedang trend saat ini. Sehingga, Anda bisa memuaskan konsumen, jika ada konsumen minta rambutnya ditata dengan model yang sedang trend saat ini.

Meski secara keseluruhan urusan tanggung jawab seorang hair styles cukup besar, namun untuk urusan penghasilan profesi ini cukup menjanjikan. Karena pada dasarnya, profesi ini bisa dijadikan sebagai profesi utama maupun profesi sampingan. Jadi, Anda tidak perlu takut untuk menjajal profesi yang satu ini.

Untuk memulai karir, Anda bisa mengawalinya dengan bekerja di tempat-tempat kecantikan, rumah produksi, dan lain sebagainya. Setelah Anda mendapat pengalaman yang cukup memadai, Anda sudah bisa langsung mendirikan usaha sendiri dengan keahlian yang Anda miliki. Namun, semua itu dikembalikan lagi kepada diri dan profesionalisme Anda masing-masing.

Bagaimana, cukup tertarik menjalani profesi yang satu ini? Selamat mencoba dan semoga berhasil.

(sukma)

Sumber: CBN


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: