Posted by: Sps | April 7, 2010

Menabung sambil berinvestasi

Pada pergantian tahun umumnya selalu ada kabar baik bagi para karyawan. Pertama, bonus akhir tahun, kedua, pengumuman kenaikan gaji yang biasanya pada sebagian perusahaan akan diberitahukan pada awal tahun. Namun, apakah benar berita positif tersebut memberi dampak positif pula? Banyak terjadi peningkatan penghasilan baik yang rutin yang digambarkan dengan kenaikan gaji maupun nonrutin yang digambarkan dengan bonus bukan menjadikan hal positif bagi yang menerimanya. Berapa banyak yang memiliki sisa bonus tahun lalu? Atau berapa besar yang memiliki tambahan tabungan pada tahun ini akibat kenaikan penghasilan tahun lalu? Pasti tidak banyak, atau boleh dikatakan sedikit sekali?

Hal tersebut biasanya terjadi karena kita memiliki prioritas lain yang lebih mendesak yang harus dipenuhi lebih dulu. Pelunasan utang konsumtif, misalnya. Namun, bila ternyata tambahan itu hanya untuk menambah konsumsi lagi, mungkin dua alat investasi yang akan kita bahas di bawah bisa menjadi pertimbangan Anda.

Alokasi dana

Memiliki prioritas dalam menggunakan dana adalah hal yang harus Anda miliki bila ingin hidup terencana. Oleh karena itu, ada baiknya skala prioritas penggunaan dana ditinjau kembali yaitu setelah menerima penghasilan. Prioritas pertama adalah menabung atau berinvestasi, selanjutnya baru membayar cicilan utang dan untuk pengeluaran lainnya.

Apabila dana yang tersisa tidak mencukupi untuk memenuhi pengeluaran lainnya, sudah saatnya kita mengurangi pengeluaran yang memang tidak diperlukan, sekaligus membiasakan hidup hemat.

Untuk mulai menabung dan berinvestasi bukan berarti harus memulai dengan dana yang besar, melainkan cukup dengan dana yang relatif terjangkau secara rutin kita dapat menyimpan dana dalam bentuk tabungan atau investasi. Kuncinya terletak pada kedisplinan kita dalam mengalokasikan dana secara rutin.

Mega rencana

Sebagai alternatif untuk membantu kita berdisiplin dalam menabung, produk tabungan berjangka Mega Rencana dari Bank Mega dapat dijadikan salah satu pilihan. Di samping memberikan bunga, produk tabungan ini sesuai ketentuan yang berlaku dijamin oleh pemerintah.

Untuk setoran awal serta setoran tabungan setiap bulannya sangat terjangkau yaitu minimal Rp100.000, jangka waktu tabungan minimal 1 tahun dan maksimal 20 tahun. Di samping itu apabila membuka tabungan berjangka Mega Rencana, akan mendapatkan fasilitas perlindungan asuransi jiwa, dengan premi dibayar oleh bank serta tersedia paket promo dengan hadiah yang menarik.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah bunga tabungan pada umumnya tidak besar, karena tabungan lebih mengutamakan keamanan pada dana pokok yang ditempatkan, sehingga apabila kita menginginkan tingkat pengembalian yang lebih tinggi kita dapat memilih produk investasi sebagai sarana untuk menyimpan dana.

Investasiku Masa Depanku

Sebagai salah satu pilihan dalam berinvestasi, program Investasiku Masa Depanku yang diterbitkan oleh Danareksa Investment Management, merupakan program investasi secara bulanan, dimana setiap investor dapat memilih lebih dari satu reksa dana sesuai dengan kebutuhan dan profil risikonya.

Untuk mengikuti program Investasiku Masa Depanku tersebut, kita dapat secara rutin berinvestasi dengan dana mulai dari Rp200.000 per bulan. Bentuk investasi berkala setiap bulan dapat melalui tiga cara yaitu:

# Debit langsung dari gaji
# Transfer berkala melalui rekening bank
# Debit otomatis melalui kartu kredit

Jangka waktu investasi disesuaikan dengan reksa dana yang dipilih oleh investor sendiri, yang terdiri dari reksa dana campuran dengan jangka waktu investasi 3 tahun dan reksa dana saham dengan jangka waktu investasi 5 tahun. Jika jangka waktu program investasi tersebut berakhir, kita dapat memilih untuk mencairkan reksa dana atau tetap meneruskan program investasinya.

Namun, perlu diperhatikan untuk program Investasiku Masa Depanku tidak dijamin oleh pemerintah. Sehingga perlu diperhatikan faktor risiko yang terkandung dalam produk investasi tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya sebelum berinvestasi dalam program Investasiku Masa Depanku, anda diharapkan mempelajari risiko apa saja yang mungkin dapat memengaruhi kinerja investasinya.

Apa pun pilihan kita dalam menyimpan dana, apakah melalui tabungan berjangka atau produk investasi reksa dana, yang terpenting adalah disiplin kita dalam menyisihkan sebagian penghasilan kita untuk disimpan agar dapat berkembang dan memenuhi kebutuhan pada masa depan yang selalu meningkat.

Selamat menabung dan berinvestasi !

Eko Endarto
Independent Financial Planner
Finansia Consulting – Jakarta

Sumber: Bisnis Indonesia


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: