Posted by: Sps | March 27, 2010

Sehat Dengan Tai Chi

Tai Chi atau Taijiquan adalah sebuah bentuk seni beladiri dan senam kesehatan aliran halus dari negeri Cina. Senam ini sudah dikenal dan dilakukan oleh orang-orang Cina sejak sekitar 500 tahun.

Dan seiring dengan berkembangnya jaman, senam Taichi semakin digemari banyak orang – tidak hanya orang Cina, karena memiliki manfaat kesehatan yang baik, diantaranya ketenangan batin, keseimbangan, kemakmuran dan sebagai bentuk bela diri.

Tai chi termasuk olahraga yang ringan dan sangat populer di kalangan orang-orang Asia, dan juga telah merambah negara-negara barat. Taichi juga biasa disebut “meditasi bergerak” atau “relaksasi akti””, karena hal itu bertujuan untuk menyalurkan energi positif ke seluruh tubuh melalui gerakan-gerakan yang lembut, namun tegas.

Tai chi adalah disiplin Qi (energi dalam bahasa Cina), dimana pada saat melakukan latihan ini, bukan energi luar yang dipakai, melainkan energi dari dalam. Semua gerakan Taichi berasal dari pusat tubuh, sumber energi vital: sebuah pukulan, misalnya, berasal dari pinggang, bukan lengan atau bahu. Kaki tetap menjadi tumpuan, tubuh berdiri tegak, kepala tegak, dan leher yang bergerak. Otot-otot difungsikan untuk bergerak secara bersamaan.

Teknik pernafasan tai chi pun dikombinasikan dengan gerakan yang tepat, termasuk rotasi dan peregangan untuk menghindar, mendorong, menarik dan lain sebagainya. Terinspirasi oleh teknik pertempuran, gerakan ini diperlakukan dengan sangat penuh ketelitian dan perlahan-lahan. Setiap gerakannya harus mengalir ke dalam rangkaian yang berkisar pada durasi dan kompleksitas.

Metode

> Melakukan sendiri, sama saja seperti Anda seolah-olah sedang melawan seorang musuh yang tidak nyata dihadapan Anda. Hal tersebut akan membentuk dasar gerakan pertahanan, sebagai bentuk relaksasi, meditasi dan kesehatan.

> Bersama partner, saling menempelkan kedua telapan tangan dengan pasangan akan lebih menyengkan. Hal ini memungkinkan Anda berdua untuk menerapkan gerakan dalam konteks pertahanan diri dan juga untuk mengembangkan keterampilan mendengarkan pasangan Anda dan sebaliknya.

> Ketika Anda sudah mulai mahir, menggunakan alat bantu seperti pedang, tongkat, kipas tangan, akan semakin mempermudah Anda dalam menghayati setiap gerakan Tai chi. Selain itu, juga akan meningkatkan kesadaran diri saat Anda sudah mulai menguasai beberapa teknik yang semakin beragam dan cukup sulit.

Manfaat

Olahraga ini sangat erat kaitannya dengan prinsip-prinsip pengobatan Cina, yang mana memberikan Anda perasaan lebih damai dan sejahtera. Setiap gerakan yang dilakukan sendiri (tanpa partner), merupakan simbol perlawanan terhadap penyakit dan stres.

> Energi yang dihasilkan mendorong sirkulasi menjadi lebih baik, relaksasi, mobilisasi dan pertahanan diri. Dengan konsentrasi dan ketekunan saat melakukan gerakan-gerakan Taichi, berarti Anda sedang menjalani terapi untuk menghadapi agresi dan kecemasan dalam diri Anda, sehingga Anda bisa belajar mengontrol emosi dan melenyapkan perasaan-perasaan negatif dalam diri. Selain itu Anda pun akan merasa jauh lebih tenang.

> Energi yang dihasilkan dalam Tai chi juga bisa membantu meningkatkan fleksibilitas dan merangsang kerja organ-organ vital di dalam tubuh. Hal ini juga mempengaruhi masa usia, dimana dengan kesehatan yang baik maka diharapkan akan panjang umur.

> Dengan memindahkan berat badan dari satu sisi ke sisi lainnya, hal itu akan meningkatkan keseimbangan tubuh.

Setiap gerakan Taichi juga membantu tubuh lebih mudah dalam mengkoordinasikan gerak tubuh.

Persiapan

Pada dasarnya tidak ada persiapan khusus ketika Anda akan melakukan senam Tai chi. Yang terpenting usahakan kondisi tubuh Anda berada dalam kondisi fit.

Dari segi pakaian, juga tidak ada yang khusus. Yang penting nyaman dan memudahkan Anda dalam bergerak, seperti T-shirt dan celana panjang training, serta sepatu yang ringan, maka hal itu akan membuat Anda leluasa dalam melakukan gerakan-gerakan. (Dee)

Sumber: hanyawanita.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: