Posted by: Sps | March 17, 2010

Sudah Siapkah Anda Menjadi Calon Ayah dan Ibu?

Anda dan pasangan sudah siap memiliki momongan? Kalau begitu mulailah ‘membenahi’ gaya hidup yang selama ini mungkin kurang tepat. Paling ideal, persiapan ini dilakukan enam bulan sebelum kehamilan terjadi.

Lalu apa saja yang harus dipersiapkan oleh calon Ayah dan Ibu?

PERSIAPAN FISIK:

* Hentikan kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol. Himbauan ini berlaku bagi calon ayah dan ibu. Pertumbuhan janin dapat terganggu jika ibunya seorang perokok pasif, sekalipun. Asap rokok yang terhirup oleh calon ibu dapat menghambat suplai oksigen, sehingga risiko janin lahir prematur meningkat.

Minuman beralkohol membuat kandungan calon ibu melemah. Risiko yang mengancam adalah abortus spontan (keguguran). Sedangkan pada calon ayah, kadar alkohol yang tinggi dalam darah menyebabkan jumlah sel sperma menurun sehingga tidak mencukupi untuk terjadi pembuahan.

* Pilihlah makanan bergizi. Membatasi asupan makanan bergula dan berlemak tinggi sangat dianjurkan. Usahakan Anda dalam kondisi berat badan yang ideal agar proses pembuahan berlangsung sempurna.

* Melakukan tes kesehatan. Langkah ini dilakukan untuk memastikan kondisi keksehatan calon ibu. Jika dalam pemeriksaan calon ibu dinyatakan mengalami gangguan kesehatan tertentu, biasanya dokter akan merekomendasikan agar menunda kehamilan sampai calon ibu dinyatakan sehat. Salah satu pemeriksaan yang kesehatan yang wajib dilakukan adalah pemeriksaan darah adalah untuk mengetahui apakah calon ibu mengidap virus-virus yang membahayakan kehamilan, seperti; toksoplasma, cytomegalo atau rubela.

* Melakukan vaksinasi. Ada tiga vaksinasi yang perlu dilakukan oleh ibu untuk melindungi janinnya selama kehamilan dan menjalani proses persalinan, yaitu; vaksinasi MMR (Measles, Mumps, Rubella), vaksinasi TT (Tetanus Toksoid), dan vaksin Hepatitis.

PERSIAPAN PSIKIS:

Bagi calon ayah dan ibu, proses kehamilan hingga melahirkan akan menjadi pengalaman istimewa. Namun pengalaman yang luar biasa adalah ketika Anda berdua menjadi orang tua. Jadi, sebelum memiliki anak, sebaiknya diskusikan perubahan dan tantangan hidup yang akan Anda alami, misalnya; pola asuh serta pendidikan yang akan Anda terapkan untuk anak.

PERSIAPAN FINANSIAL:

Persiapan yang dimaksudkan adalah perencanaan keuangan untuk mencukupi keperluan anak sejak masih berada dalam kandungan hingga lahir. Kehadiran seorang bayi berarti pertambahan biaya tetap bagi sebuah keluarga, yang secara tetap akan meningkat seiring kebutuhan pertumbuhan anak. Bagaimana, sudah siapkah Anda?

Sumber: conectique.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: