Posted by: Sps | November 26, 2009

Pertanda Penyakit Kronis yang Tidak Boleh Dianggap Sepele

Banyak penyakit yang berawal dari ketidaktahuan mengenai gejalanya. Ketika sudah masuk stadium lanjut, penyakit itu pun baru terdeteksi. Beruntung jika masih tertolong dan dapat diobati. Untuk itu kenali sejak dini penyakit lewat tanda-tanda kecil yang sering dianggap sepele.

Dikutip dari Health, Jumat (23/10/2009), ada 4 gejala yang kelihatannya sepele tapi bisa memicu penyakit kronis.

1. Pusing dan nafas pendek

Gejala ini adalah pertanda ada sesuatu yang menghambat paru-paru. Gejala ini dikenal dengan Pulmonary Embolism (PE). Terhambatnya oksigen yang masuk ke dalam tubuh oleh zat asing seperti racun dalam rokok atau polusi menyebabkan aliran oksigen dalam darah berkurang.

Akibatnya paru-paru perlu bekerja ekstra keras untuk mendapatkan oksigen. Meskipun terlihat sepele, tapi kondisi ini ternyata telah membawa 60.000 orang di Amerika pada kematian. Orang gemuk berisiko lebih besar terkena PE. Jadi, hati-hati jika sudah ada gejala itu.

2. Sakit tenggorokan yang tidak kunjung sembuh

Waspada dengan gejala satu ini, karena bisa jadi itu pertanda serangan jantung. Perempuan dilaporkan lebih banyak mengalami gejala ini. Selain sakit tenggorokan, perasaan mual dan berkeringat pun biasa terjadi sebelum serangan jantung.

Sementara itu, gejala umum serangan jantung seperti nyeri dada dan lengan lebih banyak dialami pria. Berdasarkan American Heart Association, tiap tahunnya penyakit jantung membunuh 16.000 wanita Amerika di bawah 55 tahun sedangkan 40.000 lainnya harus masuk rumah sakit.

3. Vagina berdarah

Jika area kewanitaan Anda berdarah di luar masa menstruasi seharusnya, berarti ada masalah pada vagina. Menurut William Fuller, MD dari Department of Obstetrics and Gynecology Presbyterian/St. Lukes Medical Center, Denver, kemungkinannya bisa jadi posisi kandungan (jika sedang hamil) yang tidak benar, inflamasi (peradangan) leher rahim, bahkan kanker rahim. Sebaiknya periksakan ke dokter segera jika timbul bercak darah di celana dalam.

4. Gangguan perut

Ketika Anda sering mengalami diare, kejang-kejang atau dubur berdarah, jangan tunggu sampai sembuh dengan sendirinya. Gejala-gejala tersebut merupakan tanda penyakit Bowel Disease (penyakit perut). Jika sudah kronis, bisa menimbulkan kanker usus besar. Jika terus didiamkan, bisa jadi muncul kanker ovarium, yang awalnya ditandai dengan masalah pencernaan seperti susah mencerna, perut kembung atau konstipasi.

Sumber: detikcom


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: