Posted by: Sps | September 1, 2009

Hal Menarik Tentang Otak Kita

Ada beberapa hal menarik yang bisa kita bagi mengenai otak kita. Seperti yang kita ketahui banyak hal yang mempengaruhi kerja dan kinerja otak manusia. Apakah semuanya benar? Belum tentu. Simak beberapa fakta menarik berikut ini.

Fakta-ini merupakan hasil pengamatan kolumnis MSN bernama Rich Maloof.

• Mendengarkan Klasik Mencerdaskan Otak Anda?
Fakta: Boleh jadi Anda jadi tersugesti “merasa” lebih cerdas, tetapi faktanya tidak demikian.

Salah kaprah ini mulai muncul setelah di tahun 1993, Don Campbell menulis buku psikologi populer yang juga diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, berjudul The Mozart Effect, Namun, ketika risetnya diulangi ternyata gagal dalam pembuktian, bahkan peneliti aslinya kemudian merevisi dengan pernyataan bahwa efek Mozart itu cuma berlangsung sementara, sekitar 10-15 menit saja.

Namun, penting dicatat bahwa bahwa bermain alat musik di masa kanak-kanak terbukti mampu meningkatkan performa akademis di luar musik. Jadi, lebih baik ajari anak-anak bermain musik, tanpa terjebak dalam mitos efek Mozart.

• Anak Autis Pasti Jenius?
Fakta: Menurut Darold A. Treffert, MD, dari Wisconsin Medical Society, yang dikenal sebagai pakar savant syndrome (sindroma sarjana alias memiliki keterampilan luar biasa), hanya satu di antara sepuluh penderita autisme yang memiliki keterampilan istimewa. Boleh jadi pengertian diatas muncul akibat film Rain Man yang dimainkan secara brilian oleh Dustin Hoffman dan Tom Cruise. Faktanya, tidak semua anak autis pasti jenius.

• Kapasitas Otak yang Terpakai Hanya 10% Saja
Fakta: Otak selalu aktif, selama 24 jam, bahkan ketika kita tidak sedang melakukan apa-apa. Di dalam berbagai buku mengenai otak digambarkan bahwa bagian kepala yang paling vital itu memiliki banyak area yang bertanggung jawab terhadap beragam aktivitas sensasi, visual, gerak otot, homeostasis, berbahasa, berpikir, dan sebagainya.

Boleh jadi mitos itu berasal dari pandangan psikologi yang filosofis bahwa manusia hanya sedikit yang menyadari wilayah kesadaran dan jiwanya secara penuh.

Sumber: CBN


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: