Posted by: Sps | August 27, 2009

Buah Atasi Kesulitan Tidur

Insomnia dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Rata rata setiap orang pernah mengalami insomnia sekali dalam hidupnya. Bahkan ada yang lebih ekstrim menyebutkan 30 – 50% populasi mengalami insomnia.

Gangguan tidur tentu saja sangat menyiksa. Apalagi bila esok paginya mereka dituntut bangun pagi untuk bekerja. Tak jarang jika banyak penderita gangguan tidur mengatasi masalah itu dengan jalan pintas yakni meminum obat tidur yang kini banyak tersedia di toko obat atau apotek.

Sebenarnya mengonsumsi obat tidur secara sembarangan tanpa pengawasan dokter adalah keliru dan berbahaya. Obat tidur menimbulkan efek mempercepat tidur melalui pengekangan rangsangan susunan saraf sentral. Efeknya lebih cepat dan hasilnya nyata, inilah alasan bagi penderita yang merasa senang mengonsumsinya. Padahal, dampak dari mengonsumsi obat tidur dalam jangka panjang, cukup serius yakni dapat menimbulkan reaksi negatif misalnya, ketergantungan, ketagihan, dan keracunan.

Rahasianya adalah Melantonin, pada orang yang menderita gangguan tidur di tubuhnya kadar memiliki sedikit hormon melantonin ini. Tanda-tanda insomnia tidak hanya susah untuk tidur, tapi juga terbangun dari tidur lalu tidak bisa tidur lagi.

Melatonin sendiri adalah zat yang dikeluarkan pineal body dalam otak, dapat membantu penyesuaian siklus tidur dan dapat mengobati insomnia. Malam ketika tingkat melatonin naik itu adalah sinyal untuk tidur, sebaliknya bila menurun di pagi hari berarti sinyal untuk bangun.

Kadar melatonin berbeda dalam anggur dengan jenis berbeda. Dalam anggur (yang telah difermentasi) jumlah kadar melatonin di dalamnya mungkin lebih tinggi, lebih membantu tidur. Selain anggur, pisang dan beberapa jenis buah-buahan lainnya juga memiliki efek menenangkan saraf dan mempercepat tidur. Karena vitamin B6 dan magnesium pada buah pisang yang membuat kita jauh dari melankolis dan melawan perasaan tegang, atau asam amino yang mutlak dibutuhkan tubuh.

Jika beberapa zat ini berinteraksi, akan menjadi bahan utama tubuh dalam membuat serum, memiliki efek tidur dan menenangkan. Pisang mengandung protein, gula, vitamin C, kalsium, besi dan sebagainya, yang memiliki efek memperbaiki limpa dan menenangkan saraf, dengan mengonsumsi pisang seusai makan malam dapat mempercepat waktu tidur.

Sumber: CBN


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: