Posted by: Sps | August 2, 2009

Bersihkan Dirimu dengan Antioksidan Tinggi!

MENGAPA antioksidan memiliki peranan penting menjaga tubuh dan pikiran kita supaya tetap bersih? Tahukah kamu bahwa tanpa disadari tubuh kita telah tercemari oleh polutan radikal bebas yang ada di sekeliling kita. “Makhluk” apakah radikal bebas itu? Mengapa radikal bebas dapat menimbulkan efek negatif pada tubuh dan pikiran kita?

Radikal bebas adalah bagian atom terluar dari molekul oksigen yang elektronnya tidak mempunyai pasangan sehingga bersifat labil, liar, dan radikal. Karena labil, dia mencari pasangannya dengan merebut unsur pasangan elektron dari molekul lain. Sel-sel molekul yang pasangan elektronnya direbut oleh radikal bebas dapat rusak, mati, dan bermutasi menjadi molekul yang bersifat jahat. Hal inilah yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker kulit, penuaan dini, dan penyakit membahayakan lainnya, termasuk gangguan pernapasan.

Radikal bebas dapat berasal dari asap kendaraan, asap rokok, debu, AC, dan sisa-sisa pembakaran makanan. Hal-hal tersebut dapat kita temui di mana pun kita berada dan memang sudah menjadi hal yang tidak bisa dihindarkan lagi. Dengan kata lain, radikal bebas sudah menjadi bagian dari hidup kita sehari-hari. Sering berada di dalam ruangan ber-AC, menghirup asap kendaraan bermotor, menghirup asap rokok dan debu, membuat membuat kita terkena dan merasakan efek negatif radikal bebas.

Sebenarnya, tubuh manusia dapat menetralisir radikal bebas ini. Tapi jumlahnya berlebihan, sehingga kemampuan untuk menetralisirnya semakin berkurang. Merokok, misalnya, adalah kegiatan yang secara sengaja memasukkan berbagai racun kimiawi yang bersifat radikal bebas ke dalam tubuh. Tubuh manusia didesain untuk menerima asupan yang bersifat alamiah, sehingga bila menerima masukan seperi asap rokok, tubuh akan berusaha mengeluarkan berbagai racun kimiawi ini melalui metabolisme. Tetapi proses metabolisme ini pun sebenarnya menghasilkan radikal bebas. Pada intinya, kegiatan merokok sama sekali tidak berguna bagi tubuh, walau pun dapat ditemui perokok yang berusia panjang.

Radikal bebas tidak hanya membahayakan fisik kita, tetapi juga dapat mengganggu pikiran sehingga kita tak mampu berpikir secara positif dan sehat. Oleh karena itu, kita harus bisa membersihkan tubuh dan pikiran kita dari radikal bebas. Salah satu cara membersihkan radikal bebas dari tubuh kita adalah mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung antioksidan yaitu teh hijau. Teh hijau membantu kita tetap siap menghadapi hari yang penuh tantangan. Teh hijau juga merupakan minuman ringan yang dapat juga digunakan sebagai terapi kesehatan.

Sudah sejak dulu teh hijau dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit. Hingga kini pun sudah banyak penelitian yang membuktikan hal tersebut. Tak hanya sebagai antioksidan kuat dan dapat memerangi penyakit jantung atau mencegah peradangan, teh hijau juga punya ‘seabrek’ manfaat lain yang tak pantas diabaikan.

Teh hijau lebih bermanfaat dibanding teh hitam dan teh merah karena teh hijau tidak mengalami proses fermentasi sehingga kandungan antioksidannya lebih besar. Kandungan senyawa polifenol yang sangat banyak dalam teh hijau berperan sebagai pelindung dari berbagai macam penyakit. Salah satunya, kanker. Polifenol tergolong dalam antioksidan yang sangat ampuh. Senyawa ini akan menetralkan radikal bebas yang menjadi penyebab kanker.

Proses pengolahan teh hijau adalah pemetikan pucuk daun teh hijau dan pemanasan dengan uap untuk menonaktifkan enzim. Dengan demikian, proses fermentasi dapat dicegah. Setelah itu dikeringkan. Teh hijau mengandung epikatekin sebagai komponen polifenol utama, yang memiliki aroma dan karakteristik dari teh hijau yang khas. Dengan berbekal tubuh yang sehat dan bersih dari radikal bebas, kita bisa lebih maksimal mempekerjakan seluruh organ tubuh kita, termasuk pikiran kita.

Sekarang Anda punya lebih banyak alasan untuk “ngeteh” sebelum berangkat ke tempat kerja atau ketika berkumpul bersama keluarga pada sore hari. Teh hijau disarankan untuk dikonsumsi karena manfaatnya berlipat. Semakin muda dan sehat arteri Anda, semakin sehat dan muda diri Anda.
(Genie/Genie/tty)

Sumber: Okezone


Responses

  1. setuju…hehe
    antioksidan juga dapat meredahkan stress..radikal bebas sangat banyak ketika tubuh dalam kondisi tertekan oleh karena itu kita bisa mengkonsumsi buah seperti jeruk atau teh hijau yang kaya antioksidan
    http://mochamads09.student.ipb.ac.id


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: