Posted by: Sps | July 27, 2009

Tambah Darah dengan Bayam

KETIKA merasa lesu akibat kurang darah, banyak orang mengatasinya dengan mengonsumsi vitamin berbagai jenis, baik berupa kapsul, cairan, maupun berbentuk pil. Produk farmasi ini memang cukup efektif, karena banyak tersedia di apotek dan toko obat. Namun, soal hargam produk-produk ini tidak bisa diajak kompromi.

Dalam tradisi masyarakat Jawa, ada cara sederhana yang efektif untuk mengatasi keluhan tersebut. Misalnya melalui pemanfaatan tanaman bayam (Amaranthus spinosus L.). Karena kerap diolah sebagai sayuran, tanaman ini disebut juga ba-yam sayur.

Tanaman semak dari famili Amaranthaceae itu memiliki batang tegak, daun berbentuk bulat dan berwarna hijau kekuningan. Daunnya tunggal, berseling bentuk lanset, tepi rata, ujung runcing, dan pangkal tumpul.

Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah daun dan akar. Keduanya memiliki sifat yang khas, yaitu mendinginkan. Dengan kandungan kimia senyawa kalium, daun dan akarnya berkhasiat sebagai antipinetik, sudonifik, dan diunetik.

Dengan kandungan seperti itu, daun bayam bisa digunakan untuk makanan (sayur), menguatkan hati (daun tua), tambah darah, dan perawatan rambut. Akarnya dapat mengatasi demam dan rematik, juga tambah darah. Untuk tambah darah dan menguatkan hati, ambillah daun bayam secukupnya, lalu di-masak sebagai sayur.

Bayam Berduri

Selain bayam sayur, ada pula bayam berduri, yang bisa digunakan untuk menambah darah. Tanaman ini memiliki ciri yang agak berbeda dari bayam sayur. Tinggi tanaman sekitar 50 cm, batang berduri, tidak berkayu, dan berwarna hijau sampai merah. Daunnya tunggal, tersebar, berbentuk bulat telur, memanjang atau lanset, ujung dan pangkal runcing, dengan warna hijau.

Bagian yang digunakan untuk kesehatan adalah akar dan daun muda. Kedua bagian ini memiliki sifat khas, yaitu membersihkan darah. Unsur kimia yang terkandung antara lain amaratin, rutin, hentni kontanol, spinastenol, dan vithninr. Semuanya berkhasiat adstringen, diaforetik, diuretik, antiinflamasi, dan ekspektoran. Selain untuk tambah darah, daun bayam berduri bisa menyembuhkan bronchitis, disentri, haid kurang teratur, mempelancar ASI, selesma, bisul, eksem dan luka (obat luar).

Adapun akarnya dapat untuk mengobati demam, radang rahim, dan rematik (obat luar). Begitu besar manfaat bayam, dan kita dengan mudah menjumpainya di sekitar rumah maupun pasar. (Gupita Dara Guyub Swara Ovinta-32)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: