Posted by: Sps | July 15, 2009

Mengapa Ibu Hamil Mengidam?

Data menunjukkan bahwa 76 – 90% perempuan mengidam terhadap makanan tertentu selama hamil. Namun sayangnya, sampai sekarang, belum banyak pasangan tahu, mengapa hal ini terjadi. Apa sebenarnya ngidam itu?

Ada banyak pendapat mengenai kondisi ini. Diduga, mengidam adalah sinyal tubuh akibat kekurangan zat tertentu. Misalnya, bila ibu hamil ngidam makan yang manis-manis, bisa jadi itu artinya tubuh si ibu sedang kekurangan gula.

Pendapat lain juga mengatakan bahwa ngidam bisa jadi disebabkan oleh hormon Human Chorionic Gonadotropin (hCG) yang dikeluarkan oleh indung telur. Hormon ini bertugas mempertahankan kehamilan dengan cara menghasilkan progesteron yang diperlukan saat hamil muda, sebelum plasenta dapat menghasilkan hormon. Namun pada saat usia kandungan memasuki usia 4 bulan atau 17 minggu, ngidam biasanya mereda bahkan hilang. Hal ini karena plasenta telah terbentuk dengan sempurna, sehingga indung telur tak perlu lagi memproduksi hormon hCG.

Apakah selalu makanan?

Tidak juga. Ada ibu hamil yang mengidam sabun, pasta gigi, tanah, atau benda-benda yang bukan makanan. Jenis mengidam yang tak lazim ini biasanya disebut dengan Pica Craving. Dalam bahasa latin pica artinya burung Magpie. Sejenis burung yang gemar makan apa saja.

Mengapa terjadi pica craving? Menurut Journal of American Dietetic Association seperti dimuat dalam http://www.americanpregnancy.org diduga tubuh ibu sedang mengalami defisiensi zat besi. Pica sangat membahayakan ibu dan janin, karena zat kimia yang terkandung di dalam benda-benda itu akan ikut tertelan. Jika Anda mengalaminya, disarankan segera menghubungi dokter kandungan. Namun jika keinginan untuk makan benda-benda tak lazim ini sudah tak tertahankan lagi, cobalah untuk mengkonsumsi makanan manis, seperti; cokelat.

Bagaimana cara menyiasati ngidam?

Asalkan jenis makanan yang dikonsumsi masih wajar jenis dan jumlahnya, serta tidak berdampak negatif bagi kehamilan, maka tak ada masalah. Namun cobalah untuk menyiasati agar keinginan mengidam tidak menyulitkan diri sendiri serta orang lain.

* Jika pada tengah malam Anda menginginkan makanan yang sulit didapat, cobalah mengatasinya dengan berkumur dengan cairan mouthwash. Percayalah, rasa cairan tersebut bisa “mengaburkan” keinginan untuk mengonsumsi sesuatu.

* Pilihlah makanan yang menyehatkan. Jika Anda sangat ingin makan es krim yang mengandung banyak gula, cobalah menggantinya dengan yogurt.

* Memperbanyak konsumsi air putih terbukti cukup ampuh untuk menahan keinginan terhadap makanan tertentu.

* Jangan melewatkan makan pagi. Sebab, perut kosong di pagi hari dapat membuat Anda ingin makan apa saja dan tanpa terkendali di siang hari.

* Usahakan agar jangan sampai mengidam membuat keseimbangan gizi si ibu terganggu. Misalnya, Anda hanya makan buah saja, tanpa mengonsumsi makanan lain.

Sumber: conectique.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: