Posted by: Sps | July 13, 2009

Rendah Vitamin E, Uji Fisik Buruk

Vitamin E bisa membantu orang lanjut usia menjaga kekuatannya. Hasil penelitian itu dilaporkan dalam Journal of the American Medical Association.

Peneliti mengukur kadar sejumlah vitamin dalam darah 698 orang berusia 65 tahun ke atas di Italia.

Peneliti menggunakan tiga tes untuk mengukur fungsi fisik, yakni jalan jarak pendek, keseimbangan, dan berdiri dari posisi duduk.

Mereka menjumpai bahwa responden dengan kadar vitamin E lebih rendah menunjukkan uji fisik yang lebih buruk daripada responden dengan kadar vitamin E yang lebih tinggi.


“Kadar vitamin lainnya, yakni folat, vitamin B6, B12, dan D, tidak terlihat memengaruhi tes,” lapor para peneliti.

Responden yang terlibat dalam penelitian ini berasal dari dua kota dekat Florence. Waktu pengujian antara tahun 1998-2000. Responden tetap dimonitor keberadaannya selama tiga tahun. Hanya seorang responden yang mengonsumsi suplemen vitamin E.

“Secara konsisten kami menjumpai bahwa konsentrasi vitamin E yang rendah berhubungan dengan penurunan fungsi fisik di kemudian hari,” ucap peneliti yang dipimpin Benedetta Bartali dari Yale University School of Medicine, New Haven, Connecticut, AS.

Nutrisi buruk membuat orang lanjut usia lumpuh secara fisik. Sayangnya, hanya sedikit bukti kuat yang mendukung dugaan tersebut.

Vitamin E merupakan antioksidan, yang berarti bisa melindungi jaringan tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh substansi tidak stabil yang disebut radikal bebas. Vitamin E juga terlibat dalam pembentukan sel darah merah.

Para ahli telah menguji peran vitamin E yang bisa mencegah atau menangani kondisi penyakit tertentu, termasuk kanker dan penyakit jantung. Vitamin E bisa dijumpai pada makanan, termasuk zaitun, sayuran berdaun hijau seperti bayam dan asparagus, bunga matahari, kacang kedelai, dan minyak biji kapas.

Meski demikian, beberapa penelitian mencatat, jumlah vitamin E sangat tinggi juga bisa membahayakan dan meningkatkan risiko kematian. Para peneliti mengakui bahwa riset lebih lanjut sebaiknya dilakukan guna menentukan apakah ada kadar optimal dari vitamin E untuk mengurangi penurunan fungsi fisik dan kejadian kecacatan atau disabilitas di usia lanjut.

Sumber: Senior


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: