Posted by: Sps | July 3, 2009

Murbei, Atasi Hipertensi

Murbei atau yang disebut Morusalba L atau Morus indica L. termasuk ke dalam famili tumbuhan Moraceae. Tanaman ini berasal dari Cina dan tumbuh baik pada ketinggian lebih dari 100 m dpl. dengan bantuan sinar matahari yang cukup. Herba yang dikenal dengan nama daerah murbei, kerto atau kitau ini memiliki tinggi sekitar 9 m dengan ciri-ciri daunnya berbentuk tunggal dengan letak berseling, bunganya majemuk berbentuk tandan dan buahnya berupa buah buni, berair dan rasanya enak.

Komposisi :

Tumbuhan ini kaya dengan kandungan kimia, yang secara umum mengandung alkaloida, flavonoida dan polifenol. Dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan bahwa tanaman ini memiliki sifat rasa dingin, diuretik, anti demam dan anti hipertensi.


Penyakit yang dapat disembuhkan :

Tanaman herba ini dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit, diantaranya : Demam, flu, malaria, batuk, rematik, darah tinggi (hipertensi), Kencing manis (diabetes melitus), Kolesterol tinggi (hiperkolesterolemia), vertigo kurang darah (anemia) dan juga dapat memperbanyak ASI.

Berikut cara penggunaannya untuk mengatasi beberapa penyakit :

* Tekanan darah tinggi
Cuci bersih daun murbei segar sebanyak 15 g kemudian rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin dan disaring lalu dibagi dalam 2 gelas. Minum air rebusan sehari dua kali, pagi dan sore.

* Demam
Sediakan 50 gram daun segar murbei lalu rebus dengan 3,5 gelas air selama 15 menit. Dinginkan dan saring air rebusan, kemudian diminum sehari tiga kali sama banyak.

* Malaria
Rebus daun segar 50 gram dengan 3 gelas air selama 15 menit. Minum air rebusan yang telah didinginkan dan disaring, sehari tiga kali sama banyak.

Sumber: conectique.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: