Posted by: Sps | June 28, 2009

Cegah Kanker dengan Kondom

Walaupun kanker serviks maupun kanker penis menular lewat human pappiloma virus (HPV), penyakit berbahaya akibat virus tersebut bisa dicegah. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kondom ketika berhubungan seks.

Pencegahan terhadap kanker serviks, bisa juga dilakukan dengan pemeriksaan pap smear secara teratur. Kedua cara itu adalah cara efektif mencegah penyakit kanker berbahaya tersebut. “Kondom itu, selain berfungsi untuk mencegah kehamilan, juga berfungsi untuk mencegah timbulnya penularan penyakit menular seksual,” kata dr Sumarjati Arjoso SKM.


Sayangnya, Sumarjati menyebutkan, di Indonesia masih sangat sulit untuk mengajak masyarakat untuk menggunakan kondom ketika berhubungan seks dengan pasangan. Demikian pula wanita di pedesaan, sangat sulit untuk mengajak mereka untuk sukarela datang ke rumah sakit untuk tes pap smear. “Kalau di kota besar, wanita lebih mudah untuk diajak pap smear. Bahkan, di daerah-daerah, kaum pria merasa menggunakan kondom itu membuat hubungan seks tidak nikmat,” kata Sumarjati.

Dia menambahkan, penggunaan kondom lateks dengan benar dan konsisten semasa hubungan seks-anal ataupun oral, dapat secara baik mengurangi risiko seseorang tertular atau menularkan banyak virus, termasuk infeksi HIV, kencing nanah, klamidia, trichomonas, HPV, dan hepatitis B.

“Yang harus terus diperjuangkan pada masyarakat adalah kesadaran untuk menggunakan kondom bagi pria, atau melakukan tes pap smear bagi wanita. Dengan dua itu, kanker serviks ataupun kanker penis bisa dicegah,” kata Sumarjati.

Kendala terbesar dalam mencegah terjadinya kanker serviks dan kanker penis adalah kurangnya kesadaran masyarakat, khususnya laki-laki untuk menggunakan kondom ketika berhubungan intim. “Dari dulu kita sudah punya program yang bernama Condom Dual Protection. Namun, tidak banyak tanggapan dari masyarakat,” kata Sumarjati.

Tidak kalah penting, membiasakan pria untuk memilih kondom berkualitas di pasaran. Masih banyak kondom yang rusak, tapi masih dijual. Dengan kualitas yang maksimal, penyakit akibat HPV bisa dicegah.
(sindo//tty)

Sumber: Okezone


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: