Posted by: Sps | June 26, 2009

Kasus Kanker Hati Umumnya Disebabkan Penyakit Hepatitis

Jangan anggap remeh penyakit hepatitis! Sebagian besar kasus kanker hati (hepatocellular carcinoma/HCC) atau sekitar 40-50 persen disebabkan oleh Hepatitis B, dan sisanya oleh Hepatitis C (30-40 persen) serta faktor non-hepatitis B dan C seperti perlemakan hati (10-20 persen).

Kepala Kelompok Kerja Hepatitis Nasional Prof Dr Ali Sulaiman SpPD, KGEH menjelaskan, kanker hati menyebabkan kegagalan fungsi hati dan bisa mengakibatkan kematian.

“Terlebih jika pasien baru diketahui menderita kanker hati setelah penyakitnya mencapai stadium lanjut,” ujar Ali yang juga guru besar hepatologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu.


Menurut Ali, tanpa pengobatan yang tepat, pasien kanker hati umumnya tidak memiliki angka harapan hidup yang lebih dari dua tahun setelah diagnosa ditegakkan.

Metode pengobatan kanker hati beragam, diantaranya pemotongan (reseksi) dan pencangkokan (transplantasi), penyuntikan dengan ethanol, hemoembolisasi, Radio Frequency Ablation, kemoterapi, dan terapi lokal (molecullar targetted therapy).

Selain itu, kata Ali, ada penemuan obat oral multikinase inhibitor baru yang disebut sorafenib bisa menjadi pilihan bagi pasien kanker hati tingkat lanjut.

Selain bisa menekan pertumbuhan jumlah sel kanker, menurut Ali, obat itu juga berfungsi sebagai antiangiogenesis yakni penghambat pembentukan pembuluh darah yang menyuplai kebutuhan sel kanker.

Menurut Ali, obat itu membidik dua bagian yakni proliferasi sel dan angiogenesis atau pembentukan pembuluh darah. Keduanya berperan besar dalam proses pertumbuhan kanker.

“Hasil pengujian secara klinis terhadap penggunaan sorafenib, menunjukkan bahwa penggunaan obat tersebut dapat memperbaiki kualitas hidup pasien dan memperlambat perkembangan penyakit,” tutur Ali.

Meski demikian, kata Ali, ada efek samping akibat penggunaan obat oral tersebut pada pasien kanker hati tingkat lanjut yaitu diare dan pengelupasan kulit tangan dan kaki. (izn)

Sumber: PdPersi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: