Posted by: Sps | June 17, 2009

Langkah Efektif Atasi Keringat Berlebih

Anda sering bermasalah dengan keringat? Keringat yang cenderung berlebih memang dapat membuat Anda merasa tidak nyaman, kurang percaya diri, dan bahkan membuat malu. Biasanya keringat akan mengalir deras disaat cuaca panas atau ketika Anda merasa tegang dan gelisah.

Diperlukan beberapa metode khusus untuk dapat menghentikan atau setidaknya mengurangi kelebihan keringat tersebut. Berikut langkah efektif yang bisa dilakukan sebagai tindakan pencegahan :


Hindari mengkonsumsi makanan pedas.

Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam makanan pedas dapat menyebabkan suhu tubuh meningkat sehingga otak bereaksi cepat dan mengeluarkan keringat berlebih. Karena itu hindari asupan jenis makanan ini, jika tak ingin tubuh berkeringat dan menimbulkan bau tak sedap.

Diet yang tepat disertai dengan olahraga di yakini dapat mengurangi keringat berlebih.

Umumnya mereka yang mengalami obesitas cenderung mudah berkeringat dibandingkan dengan mereka yang memiliki berat badan normal. Asupan makanan yang berlebih ditengarai sebagai pemicunya. Makanan tersebut sulit dicerna sehingga metabolisme tubuh bekerja lebih keras dan suhu tubuh pun memanas. Mulailah mengganti menu makanan tidak sehat Anda dengan berbagai jenis sayur-mayur dan buah-buahan, agar tubuh mudah mencernannya.

Minuman berenergi dan kopi dapat menyebabkan masalah keringat.

Bahkan kedua jenis minuman ini diyakini dapat mempercepat laju sistem saraf, yang mempunyai peranan penting dalam meningkatkan suhu tubuh. Oleh karena itu disarankan sebaiknya Anda mengurangi jumlah asupan kopi, maksmial 2 kali dalam sehari.

Mengkonsumsi buah anggur adalah metode herbal yang patut dicoba untuk mengurangi pengeluaran keringat.

Buah anggur diklaim memiliki kemampuan untuk menjaga suhu tubuh tetap normal. Jus anggur sama baiknya dengan jus tomat yang berfungsi untuk menghilangkan keringat secara alami.

Kenakan busana yang terbuat dari bahan katun atau wool dan hindari bahan sintesis.

Bahan kantun atau wool dapat menjaga sirkulasi udara sehingga tubuh mudah bernapas. Jenis bahan ini juga dapat menyerap keringat berlebih, sehingga menghindari tubuh dari bau tak sedap.

Resep berikut mungkin bisa digunakan untuk membatasi pengeluaran keringat di bagain ketiak.

Peras satu buah jeruk lemon lalu oleskan perasan tersebut dengan menggunakan kapas ke bagian ketiak Anda, kemudian lanjutkan dengan mengoleskan baking soda ke area yang sama. Campuran ini diyakini dapat menyerap keringat dan membuat bagian bawah lengan Anda terhindar dari keringat dan bau yang tidak diinginkan.

Sumber: conectique.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: