Posted by: Sps | June 11, 2009

12 Tips Menghemat Uang dari Para Ahli Kecantikan

Semua wanita pasti ingin cantik. Terkadang mereka rela menghabiskan uangnya untuk alat-alat kecantikan, make up, produk perawatan tubuh dan rambut, pergi ke salon, bahkan melakukan prosedur ekstrim seperti injeksi bahan kimia ke tubuh dan operasi plastik. Di Brazil, di mana menjadi cantik adalah semacam keharusan, para wanita kalangan menengah ke bawah bahkan menghabiskan sebagian besar gaji mereka untuk ke salon.

Sekarang Anda tak perlu lagi ‘habis-habisan’ supaya tetap rapi dan cantik. Berikut ini kami berikan 12 tips menghemat uang dari para ahli kecantikan di Amerika Serikat. Uang yang Anda hemat bisa ditabung atau dibelanjakan untuk hal-hal lain yang lebih perlu. Selamat menghemat!


1. Tata rambut Anda dengan model keriting atau bergelombang. Gaya rambut seperti ini membuat Anda bisa mempertahankan satu periode potong rambut lebih lama, jadi tak perlu sering-sering ke salon untuk merapikan potongan rambut yang mulai tidak rapi. Orang lebih sulit melihat layer yang sudah kepan-jangan atau ujung rambut yang ber-cabang di rambut keriting.
— Lisa Chiccine, New York City hairstylist

2. Sebelum mengaplikasikan highlights pada rambut Anda, beri-tahukan pada ahli pewarnaan rambut Anda di salon berapa kali kira-kira Anda bakalan mengunjunginya lagi untuk mem-perbaiki warna rambut yang sudah jelek. Jika Anda mau datang tiga kali dalam setahun, maka si ahli pewarna rambut dapat memberikan lebih sedikit campuran pewarna untuk membuat highlight yang lebih tipis di rambut Anda. Dengan begitu, Anda bisa membayar lebih murah.
— Kattia Solano, pemilik Butterfly Studio Salon di New York City

3. Jika Anda biasa mengecat rambut dengan satu warna, setiap kali Anda ke salon untuk mengecat, mintalah ahli pewarnaan rambut untuk mengecat dari akar rambut sampai bagian yang baru tumbuh—bukan seluruh rambut, terutama rambut sudah pernah kena cat. Dengan begitu, Anda cuma akan dikenai harga setengah dari harga biasa. Ditambah lagi, rambut Anda tidak berulang-ulang kali terkena cat dan malah jadi rusak.
— Ouidad, penulis buku Curl Talk

4. Belilah eyeshadow yang terdiri dari tiga atau empat warna, terutama warna-warna yang sudah dikoordinasikan, se-hingga Anda bisa sekalian bisa mewarnai kelopak mata dan membuat shading.
— Carmindy, makeup artist untuk acara televisi What Not to Wear

5. Tak perlu membayar untuk mendapatkan perawatan deep-conditioning rambut di salon. Beli saja hair mask yang bagus (yang bermerk terkenal) di supermarket, lalu campurkan seperempat cangkir minyak zaitun dengan tiga perempat masker rambut tersebut. Aplikasikan pada bagian tengan sampai ujung rambut Anda sampai rata, lalu tutupi rambut dengan haircap dari plastik. Diamkan selama 15 menit, lalu cuci rambut.
— L.C.

6. Investasikan uang Anda ke dalam empat potongan rambut yang berkualitas dalam satu tahun. Rambut yang dipotong dengan model terbaik oleh stylist yang benar-benar ahli—atau stylist langganan Anda yang sudah paham betul apa potongan rambut yang cocok untuk Anda—akan tumbuh panjang dengan cantik, dan empat potongan rambut yang baik biasanya jauh lebih murah daripada 12 potongan rambut yang jelek.
— Helena Faccenda, hairstylist selebriti Amerika.

7. Setelah Anda mengecat rambut Anda, selalu gunakan sampo yang aman untuk rambut yang diwarnai. Hal ini akan me-ngurangi seringnya frekuensi Anda harus melakukan pe-ngecatan ulang, karena sampo semacam ini tidak akan mem-buat warna cat rambut Anda luntur.
— L.C.

8 Untuk membuat foundation bertahan lebih lama di wajah Anda, sekaligus nampak lebih alami, kurangi jumlah yang biasanya Anda gunakan dan tambahkan sedikit air. Jika Anda membutuhkan ke-tebalan tertentu untuk menutup be-berapa daerah yang perlu ditutupi, Anda tak perlu membeli concealer yang ter-pisah, gunakan saja cairan foundation yang pertama keluar dari botolnya, karena biasanya cairan yang keluar pertama lebih kental.
— Rebecca Restrepo, makeup artist selebriti Amerika

9. Berhentilah mengenakan cat kuku yang berwarna, sehingga Anda tak perlu bolak-balik ke manucurist langganan Anda untuk memperbaiki bagian-bagian yang terkelupas. Dengan cat kuku warna bening, kalau ada bagian yang rusak, orang lain takkan memperhatikannya.
— Deborah Lippmann, manicurist dan pencipta cat kuku Lippmann Collection

10. Jika Anda pergi ke salon yang memiliki stylist senior dan beberapa staf stylish junior, mintalah si stylist senior untuk memberikan potongan rambut pertama Anda, lalu tanyakan apakah Anda bisa menjadwalkan sesi trimming di lain waktu untuk merapikan rambut yang sudah tumbuh dengan para stylist junior—yang jasanya pasti lebih murah daripada si stylist senior.
— K.S.

11. Kalau Anda memiliki rambut yang cukup tebal, daripada mengaplikasikan highlight penuh pada seluruh rambut Anda, mintalah colorist untuk memberikan hightlight T-section. Penata rambut di Amerika mengenal highlight T-section sebagai highlight yang mewarnai bagian rambut dari atas sampai 1/4 panjang keseluruhannya. Highlight ini disarankan untuk mereka yang hanya mau mengecat ulang karena rambutnya sudah tumbuh, atau untuk mereka yang tidak mau berlebihan di-highlight, atau mereka yang hanya ingin merubah gaya untuk acara spesial. Metode ini lebih cepat dan murah biayanya, dan rambut Anda akan nampak lebih tebal, karena pada rambut di bawah highlight akan terjadi ilusi seakan-akan rambut lebih ‘dalam’.
— H.F.

12. Di Amerika, beberapa salon mena-warkan layanan gratis bagi Anda yang menjadwalkan untuk me-motong poni, sesering mungkin. Jika salon Anda tidak memberikan jasa ini, tanyakan saja pada mereka, ba-gaimana cara memotong poni yang benar kalau Anda mau melakukan-nya sendiri di rumah.
— L.C. (niq)

Sumber: hanyawanita.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: