Posted by: Sps | June 10, 2009

Media DVD

Sebagaimana harga perekam DVD rumahan menjadi semakin terjangkau, ini menjadikan kita semakin bingung dalam memilih jenis perekam dan media (Blank DVD’s) diantara model yang ada. Pada tip ini saya akan mencoba menjelaskan perbedaan antara standard media DVD dipasaran sekarang ini. Adalah berharga untuk diingat bahwa perekam DVD rumahan digunakan untuk dua hal yaitu untuk film , lagu , dan data (juga untuk memback up hardisk anda tentunya).
DVD-RAM

Jenis media ini dapat dibedakan atas 4 kapasitas : 2.6, 4.7, 5.2 dan 9.4 GB. Media ini dapat digunakan untuk merekam kembali, cara kerjanya seperti pada CD-RW blank CD’s. DVD-RAM disk mengharuskan sebuah DVD-RAM perekam untuk merekam dan membaca.DVD-RAM disk biasa diisi didalam box (dinamakan Caddy). pada type disk 1 DVD-RAM tidak meninggalkan “caddy”nya , sedang pada type disk 2 adalah dimungkinkan melepas DVD-RAM dari “caddy”nya. Media ini tidak kompatibel dengan komersial DVD-ROM dan DVD player unit.Keuntungan dari DVD-RAM adalah dapat direkam ulang dalam jumlah yang banyak kali. Perhitungannya adalah DVD-RAM dapat direkam ulang 100.000 kali , sedangkan perkiraan DVD-RW hanya akan dapat direkam ulang sebanyak 1.000 kali.
DVD-R


Jenis media ini sama dengan CD-R, hanya satu perbedaannya adalah kapasitasnya 4.7Gb, disk ini hanya dapat digunakan 1 kali pemakaian saja. Terdapat dua tipe media DVD-R : DVD-RA (Authorship) dan DVD-RG (general use). DVD-RA biasanya digunakan pada perekaman film atau lagu komersil pada skala industri dan merekamnyapun harus menggunakan DVD-RA perekam/recorder. Untuk penggunaan rumahan atau sehari-hari , media ini dapat digunakan pada perekam yang biasa banyak beredar dipasaran yaitu DVD-RG (DVD+/-RW unit). Media ini dapat juga dijalankan pada DVD-RAM dan DVD+R unit.
DVD-RW

Ini adalah versi dari DVD-R yang dapat direkam ulang. Untuk menggunakan tipe ini anda perlu membeli DVD-RW perekam/recorder. DVD-RW recorder biasanya merekam media (CD’s blank) DVD-R,CD-R dan CD-RW. Sama seperti yang terjadi pada DVD-R, DVD-RW disk dapat digunakan pada DVD player komersil terbaru tanpa masalah. Sedangkan jenis yang lebih tua tidak akan dapat mengenali media tersebut, menolak untuk menjalankan disk tersebut.Untuk menggunakan DVD-RW disk, Player komersil membutuhkan disk yang berisi data, setelelah terisi data anda hanya akan dapat menyimpan data baru dengan cara memformat disk tersebut, dimana akan membuat data lama anda hilang semua.
DVD+R

DVD+R , seperti DVD-R, sebuah 4.7GB disk yang dapat menyimpan film dan menikmati film tersebut pada DVD player komersil. Diluar dari mempunyai fungsi dan kapasitas yang sama , sebuah DVD+R disk hanya dapat direkam pada DVD+R recorder, sedangkan DVD-R disk hanya dapat direkam di DVD-R recorder. Kita mungkin menemukan recorder yang dapat merekam kedua tipe media tersebut sekarang dipasaran.(DVD±R recorders). pada praktisinya , perbedaannya adalah hanya terasa pada pada saat menggunakan disk ini to merekam files yang umum, hanya itu, jika anda menggunakan untuk membackup media, dimana mereka mempunyai performance yang sama untuk menonton film.
DVD+RW

Ini adalah versi re-recordable (DVD blank yang sudah ada isi dapat direkam kembali) dari DVD+R dan semua mengenai DVD+R adalah valid untuk DVD+RW. Hanya saja DVD player terbaru memainkan film yang direkam didisk menggunakan media format ini. Dipasaran beredar Recorders/perekam yang dapat merekam kedua format itu yaitu DVD-RW dan DVD+RW. Perekam ini dinamakan DVD±RW. Sama pada DVD-RW, Player komersil membutuhkan disk yang berisi data, setelelah terisi data anda hanya akan dapat menyimpan data baru dengan cara memformat disk tersebut, dimana akan membuat data lama anda hilang semua. DVD+RW recorder biasanya dapat membaca DVD-RW disk (tetapi tidak untuk merekam disk tersebut) dan sebaliknya begitu.

By: KRIS_THE
Media DVD http://ivanstech.com/media_DVD.htm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: