Posted by: Sps | June 8, 2009

Kontroversi Sabun Antibakteri

Munculnya berbagai jenis virus dan bakteri baru membuat kita harus ekstra waspada. Untuk mengantisipasinya penggunaan antibakteri adalah salah satu solusinya. Antibakteri tersebut ada di sabun, pasta gigi, hingga peralatan rumah tangga antibakteri.

Penggunaan antibakteri untuk membunuh kuman ternyata tak selamanya efektif. Penelitian dari Universitas Michigan melalui sebuah penelitian, mendapati bahwa penggunaan antibakteri tidaklah efektif. Dari analisis dan perbandingan yang dilakukan Allison Aiello PhD, asisten profesor epidemiologi dari Universitas Michigan, didapati hasil bahwa tidak ada perbedaan jumlah bakteri di tangan orang yang mencuci tangan dengan sabun antibakteri dan sabun tanpa antibakteri.

“Tak ada perbedaan antara dua kelompok itu dalam jumlah bakteri di tangan atau terjangkit penyakit,” katanya. Sebaliknya, penggunaan antibakteri malah bisa memicu penyakit pada manusia, seperti flu, demam, atau sakit perut. Dalam sebuah riset yang dilakukan Centers for Disease Control and Prevention diketahui kadar triklosan, agen antibakteri yang paling banyak dipakai, dalam darah manusia sudah cukup tinggi.
(Koran SI/Koran SI/tty)

Sumber: Okezone


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: