Posted by: Sps | June 3, 2009

Menikah=Sehat, Belum Tentu!

Anggapan bahwa sebuah pernikahan dapat membuat kehidupan seseorang lebih baik belum tentu benar. Tapi ada kalanya sebuah pernikahan justru berdampak buruk bagi kesehatan seseorang.

Sebuah penelitian dilakukan oleh Julianne Holt-Lunstad, peneliti dari Brigham Young University, Amerika Serikat. Penelitian itu dilakukan terhadap 204 orang-orang yang telah menikah dan 99 orang lajang. Mereka semua diperiksa tekanan darahnya selama 24 jam. Selain itu beberapa pertanyaan mengenai kehidupan rumah tangga mereka pun ditanyakan.

Dikutip detikhot dari FOXnews, Jumat (27/6/2008), hasil dari penelitian itu cukup mengejutkan. Ternyata kehidupan pernikahan berpengaruh terhadap kesehatan khususnya tekanan darah.

Orang-orang yang memiliki kehidupan rumah tangga yang bahagia dan tidak memiliki banyak masalah rata-rata memiliki tekanan darah yang normal. Sebaliknya, mereka yang memiliki ketidakpuasan terhadap rumah tangganya cenderung memiliki tekanan darah yang tinggi dan tidak normal.

Bahkan tekanan darah mereka yang mengalami masalah dalam pernikahan 5 kali lebih tinggi dibandingkan lajang yang memiliki masalah dalam hidupnya.

Oleh karena itu menurut Julianne Holt-Lunstad, yang perlu diperhatikan bukan hanya sebuah status pernikahan, melainkan bagaimana kualitas dari pernikahan itu sendiri.(Amelia Ayu Kinanti/eny)

Sumber: detikcom


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: