Posted by: Sps | May 30, 2009

Buah Kiwi Sumber Sempurna Vitamin C

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa buah kiwi memiliki kandungan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan buah lainnya. “Buah kiwi sarat dengan gizi, dapat meningkatkan metabolisme dan daya tahan tubuh,” ujar dr Inge Permadhi MS SpGK, spesialis gizi Fakultas Kedoteran Universitas Indonesia (FKUI) dalam lokakarya media Zepsri Kiwifruit di Jakarta baru-baru ini.

Buah kiwi banyak mengandung air, elektrolit, sumber energi, vitamin, mineral, antioksidan yang tinggi, phytonutrient yang baik bagi kesehatan, serta serat. “Buah kiwi menyediakan gizi paling banyak, dengan kalori paling sedikit,” kata Lynley Drummond, health science manager Zespri International.

Bagi mereka yang membutuhkan vitamin C, buah kiwi merupakan sumber sempurna untuk vitamin C. “Banyak orang berpikir bahwa jeruklah yang paling banyak mengandung vitamin C, padahal mereka seharusnya juga berpikir mengenai buah kiwi,” papar Lynley.

Lynley mengungkapkan, buah kiwi memiliki kandungan vitamin C dua kali lebih banyak ketimbang jeruk. Berdasarkan hal itu setiap orang hanya membutuhkan satu buah kiwi untuk dikonsumsi guna mendapat jumlah vitamin C yang direkomendasikan per harinya.


Buah kiwi juga memiliki kandungan lemak yang rendah, namun merupakan sumber alami vitamin E yang tinggi yang merupakan antioksidan dan dibutuhkan untuk kesehatan jantung.

Sebagai sumber alami dari folat, buah kiwi dapat untuk mencegah cacat tulang belakang pada bayi juga perkembangan otak dan kognitif anak-anak serta mencegah penyakit kardiovaskular. “Di beberapa negara, ditambahkan kandungan folat pada tepung untuk memastikan kecukupan asupan folat,” kata Lynley.

Menurut Inge, kandungan potasium dalam buah kiwi, setara dengan pisang namun hanya memiliki setengah kalori. Hal ini menjadikan buah kiwi sempurna sebagai sumber potasium dan rendah sodium, yang bermanfaat untuk menjaga kondisi tekanan darah dan kesehatan jantung.

Tidak hanya memiliki kandungan lutein yang tertinggi, kandungan lutein pada buah kiwi terbukti lebih mudah diserap dan mudah didapat yang akan berguna untuk kesehatan penglihatan yang disebabkan usia.

Lynley menuturkan, mengonsumsi buah kiwi dapat membantu meningkatkan antioksidan yang dibutuhkan setiap hari guna mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan stres oksidatif.

Perlindungan secara alami dari kesibukan sehari-hari, membantu menanggulangi tekanan, radang dan serangan jantung dari bakteri dan virus yang banyak berkembang, didapat pula dengan mengonsumsi buah kiwi. Berdasarkan percobaan yang pernah dilakukan Zespri International, buah kiwi terbukti efektif memberikan manfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengonsumsi dua buah kiwi sehari terbukti mengurangi jumlah sel yang rusak akibat stres oksidatif dan terbukti memperbaiki kerusakan DNA akibat stres oksidatif. Sebuah penelitian di Amerika Serikat (AS) menemukan bahwa orang yang mengonsumsi buah kiwi pada saat atau setelah makan, terbukti mengurangi stres oksodatif.

Manfaat lainnya dari buah kiwi adalah dapat mengurangi penggumpalan darah. Penggumpalan darah dikenal sebagai faktor risiko dari penyakit kardiovaskuler yang menyebabkan penyumbatan arteri dan pembuluh darah. Buah kiwi dikenal sebagai sumber pencerna alami, hal ini disebabkan oleh kombinasi yang unik dari serat dan komponen lainnya dalam buah kiwi.

Berbagai penelitian yang dilakukan Zespri International, menunjukkan manfaat dari kandungan nutrisi dalam buah kiwi Zespri New Zeland bagi berbagai aspek kesehatan. Salah satu hasil penelitian itu menunjukkan, buah kiwi Zespri New Zealand mengandung zat-zat yang berfungsi sebagai antioksidan yang lebih mudah diolah dan diserap oleh aliran darah.

Antioksidan melindungi sel-sel tubuh terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas yang dibentuk tubuh akibat polusi, paparan asap rokok, sinar matahari, dan pola makan yang kurang baik. Kerusakan sel tersebut dapat mempercepat proses penuaan dan melemahkan daya tahan tubuh, selain mengundang berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan kanker. (izn)

Sumber: PdPersi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: