Posted by: Sps | May 25, 2009

Mau Jantung Sehat? Makan Ikan!

Ikan memang bahan makanan yang kaya manfaat. Satu lagi manfaat ikan ditemukan, selain kaya protein, daging ikan juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah dan menyehatkan jantung.

Sebuah data dari Reutershealth yang dikutip detikhot, Selasa(29/7/2008) menunjukan bahwa lebih banyak warga Amerika yang terkena penyakit penyumbatan aliran darah serta jantung koroner dibandingkan dengan warga Jepang.

Dr. William Harris dari Universitas South Dakota menjelaskan fenomena tersebut. menurutnya, kebiasaan orang Jebang memakan ikanlah penyebabnya. Seperti yang telah diketahui, kandungan omega 3 pada ikan dapat menyembuhkan penyumbatan di aliran darah, dan secara otomatis, hal tersebut memperkecil risiko terkena penyakit jantung koroner.

Namun penjelasan Wiiliam tak berhenti saja sampai disitu. Menurutnya, kecilnya risiko penyakit jantung pada orang jepang juga disebabkan oleh pola makan mereka.

Masakan Jepang biasanya isajikan secara mentah atau rebus. Walaupun ada yang digoreng namun jmlahnya tak banyak. Oleh karena itu masakan jepang sedikit menggunakan minyak atau mengandung lemak. Hal itulah yang juga membuat risiko peyakit jantung pada orang Jepang lebih kecil dibandingkan orang Amerika.

(Amelia Ayu Kinanti/yla)

Sumber: SuaraMerdeka


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: