Posted by: Sps | May 10, 2009

Hindari Kanker Payudara dengan Olahraga

Kanker payudara masih menjadi momok bagi para perempuan. Tak heran bila penyakit ini selalu meresahkan para perempuan. Jangan cemas, banyak cara untuk menghindari penyakit ini, atau setidaknya menghindari risikonya. Hasil penelitian riset di University of South Caroline mengatakan bahwa berolahraga secara rutin bias menurunkan risiko kanker payudara.

Penelitian dilakukan dengan meneliti 14.000 responden perempuan berusia 20-83 tahun tanpa riwayat kanker payudara. Dari jumlah tersebut, mereka dikelompokkan dalam tiga kelompok, yakni fit sekali, cukup fit, dan kurang fit. Setelah dianalisa selama beberapa lama, ternyata perempuan yang memiliki kondisi tidak fit memiliki risiko tiga kali lebih besar meninggal akibat kanker payudara ketimbang perempuan yang rutin berolahraga.

Nah, kebugaran tubuh sebenarnya bisa didapat dengan aktivitas yang mudah, seperti olahraga. Untuk mendapatkan kebugaran, hanya membutuhkan olahraga selama 150 menit/minggu.

Gerak badan tidak hanya bisa menurunkan risiko kanker, juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah, serta menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Studi lain yang dilakukan pada 2005 melaporkan, penderita kanker payudara yang ber-olahraga secara rutin cenderung lebih kuat atau survive dari penyakit tersebut.
(Koran SI/Koran SI/tty)

Sumber: Okezone


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: