Posted by: Sps | May 5, 2009

Percantik Mata dengan Operasi

Tidak punya kelopak atau mata berkantong adalah masalah yang sering dikeluhkan mengganggu kecantikan mata. Tenang, masalah itu bisa diselesaikan dengan operasi plastik minor yang berlangsung selama dua jam.

0perasi kecantikan bukan hanya urusan perempuan. Perdana Menteri Israel, Ehud Olmert, menjalani blepharoplasty atau operasi kelopak mata segera sesudah kunjungan dari Cina tahun 2007.

Ketika itu sang PM tidak memberitahu pers dan para menteri yang menyertai kunjungan ke Cina. Operasi itu dilakukan di klinik pribadi. Rampung operasi, Ehud 0lmert kembali bekerja seperti biasa.


“Operasi kelopak mata itu termasuk operasi minor yang membutuhkan bius lokal. Dibutuhkan kurang lebih satu setengah hingga dua jam,” papar Dr. Teddy 0. H. Prasetyono, Sp.BP, dari RS Aibee, rumah sakit khusus bedah plastik di Gunung Geulis, Bogor.

Operasi kelopak mata secara teknik disebut blepharoplasty. Ini adalah prosedur untuk mengurangi kelebihan lemak, biasanya juga dengan kelebihan kulit dan otot di kelopak mata bagian atas dan bawah. Operasi ini dapat mengoreksi kelopak mata atas yang menurun dan kantong di bawah mata.

Kedua hal tersebut yang membuat wajah tampak tua. Usia tua bisa membuat kulit kelopak meregang, otot di sekitarnya pun melemah. Lemak pun berakumulasi di sekitar mata, menciptakan “kantong” di atas dan di bawah mata. Tampaknya ini yang ingin dihindari PM Israel itu.

Masalah penuaan mata lain adalah keriput di ujung mata, biasa disebut crow’s feet, atau keriput lain dan lingkaran hitam di seputar mata. Penuaan di mata pada dasarnya dipengaruhi oleh faktor lingkungan.

“Sebenarnya itu alami terjadi, tetapi masalah kantong mata dan mata jadi terlihat cepat tua dipengaruhi gaya hidup dan lingkungan. Hidup hendaknya sehat dan selaras, tidak sering stres supaya tidak cepat tua. Hindari sering terkena paparan sinar matahari karena memengaruhi cepatnya terjadi penuaan,” ucap Dr. Teddy.

Rumit dan halus

Bila Anda termasuk “beruntung” memiliki kantong di bawah mata sejak muda, tak ada cara untuk menghilangkannya selain operasi. “Kantong mata adalah timbulnya gembung di bawah mata. Ini tidak bisa dihilangkan kecuali dengan operasi. Masalah kantong mata ini timbul karena kelebihan kulit, lemak, atau otot,” ungkapnya.

Untuk operasi, ia mensyaratkan pasien memahami lebih dulu prosedur dan segala komplikasinya lewat konsultasi dengan dokter ahli bedah plastik. “Lebih bagus lagi bila sudah ‘shopping’ informasi ke beberapa dokter, sehingga benar-benar paham,” katanya.

Pasien juga wajib periksa darah. Dari situ akan dinilai kondisi kesehatannya. Jika dinilai sehat dan tidak memiliki gangguan kesehatan lain, barulah operasi dilakukan.

Meskipun terhitung operasi minor dengan anestesi lokal, operasi kelopak mata terhitung rumit. “Sebab struktur mata sangat rumit dan halus,” sebutnya.

Operasi ini juga memiliki komplikasi dan kontraindikasi. Kontraindikasi bisa berupa infeksi atau timbilan di kelopak mata. Sementara itu, komplikasi bisa berupa infeksi, luka sembuh dalam waktu lama, dan bentuk mata tidak simetris, sehingga membuat pasien jadi tidak puas.

Meski demikian, komplikasi dan kontraindikasi itu sangat jarang terjadi dan sifatnya minor jika operasi dilakukan oleh dokter ahli bedah plastik kompeten. “Memang setelah operasi mata akan tampak bengkak selama kurang lebih dua minggu, tetapi pandangan mata tetap normal. Sesudah itu semua akan normal,” katanya.

Seminggu sekali dalam dua minggu pertama sesudah dioperasi, pasien wajib kontrol ke dokter. “Kontrol juga diwajibkan satu bulan hingga enam bulan sesudah operasi untuk memantau perkembangan hasil operasi,” ujarnya.

Kandidat Terbaik untuk Blepharoplasti

Operasi blepharoplasti memang dapat mengubah penampilan dan menambah rasa percaya diri. Namun, perlu diketahui operasi ini belum tentu sesuai dengan harapan. Karena itu, sebelum dioperasi, pikirkan masak-masak ekspektasi dari operasi dan diskusikan harapan itu dengan dokter bedah plastik yang mengoperasi.

• Calon terbaik untuk operasi kelopak mata adalah pria dan wanita yang secara fisik sehat, secara psikologis stabil, dan memiliki ekspektasi realistis atas hasil operasi tersebut.
• Kebanyakan pasien berusia lebih dari 35 tahun. Namun, untuk masalah mata turun dan kantong mata karena faktor keturunan, operasi dapat dilakukan pada usia dewasa muda.
• Usia yang disarankan untuk mendapat operasi kelopak mata adalah di atas 17 tahun. Untuk usia remaja, dibutuhkan persetujuan orangtua.

Sumber: Senior


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: