Posted by: Sps | September 18, 2008

Jangan Menyuruh Anak Membeli Rokok

Bahaya merokok sebenarnya bukan hanya pesoalan masyarakat muslim saja atau hanya urusan Majelis Ulama Indonesia. Tetapi merupakan masalah umat manusia sehingga perlu diatasi bersama.

Pengamat sosial dari Universitas Muhammadiyah Magelang, Kanthi Pamungkas Sari, menyebutkan, adanya perjanjian kesehatan global yang mengatur pertanggungjawaban publik industri tembakau, yakni Framework Convention on Tobacco Control (FCTC) atau Konvensi Kerangka Kerja Pengendalian Masalah Tembakau.


“Perjanjian internasional itu diadopsi 192 negara anggota World Health Assembly (WHA) dan WHO. Tetapi Indonesia, satu-satunya negara di Asia Pasifik yang belum menandatangani FCTC. Padahal hasil konvesi itu dapat meminimalisir dampak buruk rokok bagi masyarakat,” katanya, Senin (18/8).

Ia mengatakan, komitmen pemerintah dalam upaya pengaturan industri tembakau sangat penting. Untuk itu dibutuhkan dukungan berbagai pihak, agar dapat mencapai hasil yang diharapkan.

Menurut dia, tindakan kecil yang bisa dilakukan oleh masyarakat misalnya menghindari merokok di depan anak-anak, karena mereka akan meniru perilaku itu. “Kita tidak akan efektif untuk melarang anak-anak kalau kita tidak dapat menjadi contoh yang baik bagi anak-anak,” katanya.

Jangan menyuruh anak membeli rokok, karena akan menduga ada manfaat rokok bagi orang dewasa. Sehingga anak penasaran untuk mencoba menikmati rokok. Penjual jangan melayani pembeli rokok yang masih anak-anak, dengan alasan apapun. “Hindari merokok di tempat-tempat publik karena bisa mengganggu kesehatan orang lain,” ujar dosen sosiologi UMM itu, menanggapi rencana MUI akan mengeluarkan fatwa pengharaman rokok.

Meski fatwa MUI tentang pengharaman rokok tidak memiliki kekuatan hukum seperti undang-undang bagi yang melanggarnya, tapi bisa berdampak munculnya regulasi lain yang akan mengatur sanksi pelanggar. Secara individu, fatwa ini bisa berpengaruh pada perilaku sebagian muslim.

(Tuhu Prihantoro /CN05)

Sumber: SuaraMerdeka


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: