Posted by: Sps | September 15, 2008

Raja Terkaya di Dunia

Dengan kekayaan sekitar 35 miliar dolar (Rp 315 triliun), Raja Thailand Bhumibol Adulyadej adalah raja terkaya di dunia. Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan dari Abu Dhabi berada di urutan kedua dengan selisih kekayaan yang jauh dari Bhumibol, yakni 23 miliar dolar. Daftar raja-raja terkaya di dunia itu dirilis majalah Forbes edisi terbaru, Kamis.


Menurut tim Forbes, Raja Bhumibol (80) mencapai posisi puncak pada daftar itu karena kekayaannya didukung dengan transparansi yang lebih baik. Bhumibol juga sekaligus merupakan raja yang bertakhta terlama di dunia karena telah memimpin kerajaan itu selama 62 tahun.

Forbes menyatakan, Biro Kekayaan Kerajaan, yang mengelola sebagian besar kekayaan keluarga raja itu, memiliki akses luar biasa tahun ini. Kerajaan memiliki kekayaan berupa lahan yang sangat luas, antara lain lahan seluas 1.400 hektare di Bangkok.

Menurut majalah itu, tahun ini adalah tahun keemasan bagi kerajaan-kerajaan yang berinvestasi secara bijak. ”Jika dijumlah, 15 raja terkaya di dunia itu memiliki kekayaan sekitar 131 miliar dolar, naik dari 95 miliar dolar tahun lalu,” kata tim Forbes.

Terkait dengan melambungnya harga minyak, para raja dari kerajaan minyak di Timur Tengah dan Asia mendominasi daftar itu. Tempat ketiga diduduki eksportir minyak terbesar dunia Arab Saudi. Raja Abdullah bin Abdul Aziz (84), yang meneruskan takhta kerajaan Al-Saud pada 2005, menyimpan kekayaan 21 miliar dolar.

Dua dari Eropa
Sultan Haji Hassanal Bolkiah (62) dari Brunei berada di tempat keempat dengan kekayaan 20 miliar dolar. Bolkiah mewarisi kekayaan dinasti muslim yang sudah berkuasa tanpa terputus selama 600 tahun itu. ”Bolkiah harus memangkas produksi minyak negeri itu karena cadangan yang menyusut,” demikian penjelasan Forbes. Di tempat kelima, Sheikh Mohammed bin Rashid (58) dari Dubai terdaftar dengan kekayaan 18 miliar dolar.

Hanya dua raja dari Eropa yang masuk dalam daftar itu. Pangeran Hans-Adam II dari Liechtenstein (63) berada di tempat keenam dengan kekayaan lima miliar dolar. Namun, bank LGT yang merupakan sumber pendapatan utama keluarga kerajaan sedang diusut Amerika Serikat karena diduga membantu orang-orang kaya menggelapkan pajak.

Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani (56) dari Qatar muncul di peringkat ketujuh dengan kekayaan dua miliar dolar. Urutan kedelapan dipegang Raja Mohammed VI (46) dari Maroko dengan kekayaan 1,5 miliar dolar. Kerajaan Maroko mendulang kekayaan itu dari bisnis tambang fosfat, pertanian, dan berbagai investasi lain.

Tempat kesembilan diduduki Pangeran Albert II (50) dari Monako dengan aset senilai 1,4 miliar dolar. Peringkat kesepuluh dipegang Sultan Qaboos bin Said (67) dari Oman dengan aset senilai 1,1 miliar dolar.

Peringkat kesebelas hingga kelimabelas berturut-turut adalah sebagai berikut.
Pangeran Karim Al Hussein (71) dari Aga Khan (satu miliar), Ratu Inggris Elizabeth II (82) dengan kekayaan 650 juta dolar, Sheikh Sabah Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah (79) dari Kuwait (500 juta dolar), Ratu Belanda Beatrix Wilhelmina Armgard (70) dengan aset 300 juta dolar, dan Raja Mswati III dari Swaziland (40) dengan kekayaan 200 juta dolar.

Sumber: SuaraMerdeka


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: