Posted by: Sps | July 14, 2008

Permen Karet Bisa Melangsingkan?

Anda suka sekali mengunyah permen karet sebagai teman iseng? Mungkin keisengan ini banyak manfaatnya, yang bahkan tidak disadari. Misalnya bau mulut enggan mampir, gigi terjaga kuat hingga kabar bahwa permen karet mungkin berperan besar dalam program diet untuk melangsingkan tubuh. Masa? Wah, senangnya…

Mungkin mengunyah permen karet tidak secara langsung berfungsi melangsingkan, tetapi setidaknya saat Anda sibuk mengunyah permen yang tidak bisa ditelan ini akan mengurangi nafsu makan. Sebuah studi dari Glasgow Caledonian University di Inggris menunjukkan bahwa orang yang mengunyah permen karet setelah makan akan mengonsumi lebih sedikit kalori saat jam makan berikutnya.


Jadi apakah ada keajaiban di permen karet? Bisa jadi. Sebenarnya mudah saja untuk memahaminya. Anda sibuk mengunyah permen karet, namun tak juga menelannya, seperti halnya saat mengunyah makanan. Otak akan berpikir saat anda mengunyah permen karet, itu sama saja dengan aktivitas ‘makan’ meski tidak ada makanan yang mengalir ke lambung.

Perkiraan lain adalah rasa dari permen karet sudah cukup memuaskan keinginan Anda menikmati makanan lain. Misalnya saat mengunyah permen karet rasa mint atau jeruk, otomatis Anda ‘merasa sudah’ menenggak segelas jus jeruk atau bahkan segelas minuman mint yang hangat.

Hal positif lain dari mengunyah permen karet adalah, sebatang permen karet hanya mengandung kalori 5-10 kalori dan mengunyahnya dalam satu jam dapat membakar 10 kalori! Namun demikian sejumlah penelitian menegaskan terlalu sering mengunyah permen karet dapat merusak gigi dan mengganggu otot rahang, makanya jika ada gangguan pada mulut karena keasyikan menikmati permen karet, segera kunjungi dokter gigi. Yang perlu dicatat, permen karet berfungsi pula membantu mengurangi plak pada gigi dan menghindari gigi ‘gerepes’.

Jika saat ini Anda tengah berjuang mengendalikan nafsu ngemil setelah makan besar, cobalah kunyah permen karet. Percayaah permen karet akan menjaga Anda makan berlebihan, di malam atau kapan saja saat keinginan ngemil itu datang.

Mengonsumsi permen rasa mint atau menyikat gigi setelah makan akan membantu juga mengekang nafsu makan.
Coba saja, siapa tahu upaya yang sudah terbukti berhasil pada orang lain ini juga sukses buat Anda!

Sumber: hanyawanita.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: