Posted by: Sps | June 14, 2008

Cara Sederhana Bebas Dengkur

Bisa dibilang, hampir sepertiga hidup kita digunakan untuk tidur. Umumnya kita tidur enam hingga delapan jam per hari. Menurut Dr. Damayanti Soetjipto, Sp.THT, dari Departemen Telinga, Hidung, dan Tenggorokan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-RS Cipto Mangunkusumo, tidur memberi kesempatan tubuh untuk regenerasi, mengganti sel-sel rusak, dan menyembuhkan penyakit.


Sampai sekarang, banyak sekali cara yang disajikan buat kita untuk mengurangi dengkuran. Beberapa hal sederhana untuk mencegah ngorok antara lain:

• Hindari miuman beralkohol saat menjelang tidur

Alkohol membuat otot-otot tenggorokan, termasuk lidah dan uvula, menjadi rileks. Akibatnya, terjadilah penyumbatan saluran napas yang menimbulkan dengkuran.

• Kurangi berat badan

Kegemukan tidak hanya menyebabkan napas kurang lancar karena organ dalam seperti paru dan jantung tertimbun lemak. Organ lain seperti saluran napas, juga akan terganggu.

• Ubah posisi tidur

Satu posisi yang menyebabkan mengorok biasanya leher tertekuk akibat kepala terangkat terlalu tinggi atau orang tidur dalam posisi telentang. Jadi, lebih baik Anda tidak meninggikan leher saat tidur atau memakal bantal yang terlalu tebal. Biasakan tidur miring. Tindakan ini dapat mencegah lidah jatuh sehingga jalan napas tidak terhambat.

Sumber: Senior


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: