Posted by: Sps | June 9, 2008

Bersahabat dengan Kuning Telur

Selalu menghindari bagian kuning saat mengonsumsi telur karena takut kadar kolesterol meningkat? Sebaiknya, dipikirkan lagi.

Kuning telur memang mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Telur seberat 70 gram kemungkinan mengandung 213 mg kolesterol. Namun, mengonsumsinya sebutir masih dibawah ‘batas aman’ 300 mg/hari.

Penelitian yang dilakukan di Harvard University menemukan bahwa dengan mengonsumsi telur tidak spontan melambungkan kadar kolesterol dalam darah. Kenapa? Karena dalam telur juga ditemukan zat gizi seperti antioksidan, vitamin B dan asam folat yang dapat menekan naiknya kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol dalam darah juga dapat diredam dengan kandungan lemak telur yang dapat menunjang kolesterol baik, yakni high densitylipoprotein (HDL) yang bersifat mencegah penyempitan pembuluh darah dan baik bagi jantung.

Jadi kalau selama ini Anda cenderung menghindari telur karena ‘takut’ pada kadar kolesterol kuning telurnya, sebaiknya dikaji lagi. Karena, manfaat kuning telur ternyata bagus bagi tubuh, ‘kan?

Sumber: hanyawanita.com
Women’s Health Wed, 21 May 2008 14:15:00 WIB


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: