Posted by: Sps | May 11, 2008

Pecandu Game Alami Gejala Autis

Inggris – Dampak negatif kecanduan game lagi lagi dikemukakan. Dalam penelitian terbaru, orang yang kecanduan game dinilai mengalami ciri-ciri yang mirip dengan penderita autis.

Setidaknya itulah hasil studi Dr John Charlton dari Bolton University. Sang dokter melakukan studi terhadap 400 pemain game, yang sebagian besar adalah lelaki. Kesemuanya lalu diminta memainkan game online bertajuk ‘Asheron’s Call’.

Disimpulkan dalam studi ini, semakin kecanduan seorang gamer maka semakin nampak pula gejala seperti rendahnya penghargaan diri, kepribadian tertutup serta timbulnya rasa cemas.

Nah, karakteristik semacam ini jamak dijumpai sebagai ciri penderita autisme jenis asperger. Pasalnya, penderita asperger punya kesulitan dalam berinteraksi sosial atau berkomunikasi.

Tentu saja hal ini bukan berarti para pecandu game adalah juga penderita autis. Dr Carlton pun menyatakan, orang-orang dari berbagai profesi misalnya ahli komputer atau pakar matematika juga mengalami masalah yang sama. Demikian seperti dikutip detikINET dari dailymail, Jumat (4/3/2008).

Temuan sang dokter yang dipublikasikan di pertemuan British Psychological Society’s ini menyimpulkan, sekitar satu dari 30 pemain game mengalami kecanduan akut sehingga butuh pertolongan medis untuk mengobati obsesinya akan video game.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: