Posted by: Sps | December 30, 2007

Lengan Nyeri Gara-Gara Payudara Gede

Ada lima penyebab kenapa lengan mendadak terasa nyeri, Salah satunya payudara yang luar biasa gede. Mengapa bisa? Ibu Syaf, belum 40 tahun umurnya, suatu pagi mendadak merasa tidak enak di pundak yang menjalar sampai ke lengan. Terasa seperti membengkak di lengan, lalu muncul kesemutan. Semakin hari semakin nyata terasa. Sewaktu menyisir rambut, lengan kanan bawahnya seperti tersayat.

Dokter memberi lebih dari satu resep obat, tetapi belum juga membantu. Rasa nyeri menghebat setiap bangun tidur pagi. Sewaktu memasang tali BH atau saat menanggalkan baju kaus, ia nyaris tak berdaya. Nyerinya sangat mengganggu, dan tak berkurang dengan minum obat.


Pindah dokter, Ibu Syaf dirontgen lengan dan pundak kanannya. Dokter tidak melihat ada yang abnormal di sana. Tak ditemukan pengapuran sendi, tak ada bagian tulang yang keropos, tak pula ada tanda-tanda keganasan. Lalu apa?

Sudah sebulan berlalu, nyeri lengan Ibu Syaf belum juga mereda. Dua kali diurut, tetapi tidak menolong. Putus asa, ia bertemu dokter terakhir. Menurut dokter terakhirnya, ada jepitan saraf di legokan pundak kanannya. Saraf itu yang akan menuju ke lengan bawah.

Sebab Tali BH

Jika benar diagnosisnya jepitan saraf di legokan pundak, kemungkinan besar penyebabnya lantaran tertekan tali BH. Mereka yang memiliki payudara besar dan berat, posisi tali BH yang terlalu kecil sering dalam waktu lama menekan bagian di atas tulang selangka pundak.

Sebagaimana kita ketahui, di legokan pundak keluar serumpun saraf dan pembuluh darah yang akan menuju ke lengan. Bagian keluarnya rumpun saraf dan pembuluh darah dari sumsum tulang belakang bagian leher inilah berisiko terjebak oleh jepitan organ dan struktur di sekitarnya. Ada tulang, otot, dan lapisan otot di situ.

Rumpun saraf dan pembuluh darah di bagian pundak melewati sebuah celah yang riskan mengalami penjepitan jika posisi lengan maupun postur pundak tidak tepat diperlakukan.

Jika lengan kelewat terangkat melebar menjauhi badan, seperti pada tukang cat, tukang las, montir, juru ketik, rumpun saraf dan pembuluh darah di pundak terancam mengalami penjepitan. Demikian pula jika tidur telentang, lengan diangkat ke atas kelewat melebar. Termasuk oleh tekanan tali BH bila harus memikul bobot payudara yang luar biasa gede.

Korsleting Kabel saraf

Di bagian saraf mana pun terjadi penjepitan, akan terjadi proses korsleting tak ubahnya kabel listrik yang sudah aus atau rusak isolasinya. Korsleting kabel saraf menimbulkan keluhan nyeri, selain gangguan sensasi rasa.

Dalam kabel saraf mengalir listrik untuk melakukan pergerakan (motorik), selain impuls yang menerima rasa nyeri, rasa kebas, dan rasa suhu (sensorik) juga. Gangguan dan keluhan yang muncul bila saraf korsleting, ada sensasi seperti kesemutan, kebas, rasa membengkak, atau panas, bercampur aduk di wilayah yang dilayani oleh saraf tersebut.

Dengan menemukan lokasi keluhan terasakan, dokter dapat melacak dimana hulu saraf yang mengalami penjepitan. Bila terjepit, saraf akan meradang. Selama saraf masih meradang, keluhan akan tetap terasakan. Semakin saraf meradang, semakin berat
terasakan keluhannya. Untuk meredakan keluhan peradangan saraf, saraf di lokasi yang sedang mengalami jepitan harus dibebaskan dari jebakan. Saraf yang masih meradang perlu segera disembuhkan. Ada obat yang membantu meredakan peradangan saraf.

Tidak Diurut

Setiap ada peradangan saraf, apa pun penyebabnya, tindakan pemijatan, mengurut, atau cara-cara pengobatan yang bersifat mekanik lainnya, tidak dianjurkan.

Kita tahu pada kasus jepitan saraf, saraf sendiri sudah meradang akibat tertekan, terjepit, dan terjebak di antara organ yang keras. Saraf mengalami beban mekanik oleh organ di sekitarnya, jangan ditambah lagi beban penderitaannya.

Tindakan melakukan pengurutan, pijatan, atau semacamnya, justru menambah buruk peradangan sarafnya. Mungkin sewaktu diurut, terasa lebih enak. Namun, merasa lebih enteng saja bukan berarti sarafnya sedang menyembuh. Bertambahnya beban mekanik menambah berat jepitan pada sarafnya jika diurut atau dipijat. Saraf malah bertambah meradang. Bukan tak mungkin, alih-alih menyembuh, malah bertambah berat keluhannya di kemudian hari.

Suntikan di Tempat

Ya, kebanyakan peradangan saraf sebab jebakan (entrapment neuritis) biasanya diatasi dengan cara menyuntik langsung di lokasi tempat sarafnya terjebak. Dokter akan mencari lokasi jebakan sarafnya dari mendengar keluhan pasiennya. Keluhan di lengan, hulunya mungkin di pundak kalau bukan di belikat. Pada bagian hulu sarafnya inilah suntikan dilakukan.

Obat suntiknya berupa kortikosteroid, sebagai antiradang. Obat minum saja sering kurang membantu karena peradangan saraf memerlukan waktu, selain obat sendiri belum tentu selalu utuh penuh sampai ke lokasi saraf yang meradang.

Lebih tokcer kalau langsung memasukkan obat ke sekitar kabel saraf yang tengah meradang. Biasanya dengan satu dua kali suntikan, jika tepat lokasi suntikannya, langsung menyembuh. Resep obat minum hanya pendamping.

Namun, bila lebih dari lima kali suntikan keluhan masih belum mereda, kemungkinan ada penyebab lain, seperti penyakit sendi dan tulang, penyebaran kanker pada tulang, keropos tulang. Atau suntikannya tidak pada lokasi yang tepat.

Tukar Tali BH

Pada kasus Ibu Syaf di atas, selain memberi obat dan suntikan, tali BH juga perlu diperhatikan. Tali BH yang kelewat kecil menekan pada bagian legokan pundak penyebabnya. Oleh karena itu, upayakan agar tali BH lebih lebar dan sungkup BH-nya disesuaikan dengan bentuk dan ukuran payudara. Prinsipnya agar BH dan talinya tidak sampai membebani bagian pundak.

Tekanan oleh tali BH sedemikian rupa sehingga tulang selangka di pundak salah satu bagian yang membentuk ruang keluarnya rumpun saraf dan pembulih darah, berubah posisinya. Perubahan ini yang menimbulkan jebakan pada saraf lengan.

Oleh:
Dr. Hendrawan Nadesul
Dokter Umum

Sumber: Senior


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: